SOLOPOS.COM - Yamaha Nmax (yamaha-motor.co.id)

Solopos.com, SOLO - Yamaha Nmax tengah viral karena adanya meme Presiden Kedua Indonesia Soeharto mengendarai motor tersebut. Meme itu menjadi perbincangan hangat di media sosial.

Foto yang diunggah pengguna akun Twitter @demagog_inc itu memang adalah foto rekayasa. Pasalnya, foto asli Soeharto saat itu adalah mengendarai sepeda motor SMI Expressa. SMI dulu digadang sebagai produk dalam negeri yang bakalan mampu bersaing dengan motor luar negeri.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Lantas apa keistimewaan Nmax sehingga dipilih sebagai pengganti SMI dalam meme tersebut? Sejauh ini, Nmax sendiri merupakan pilihan sejumlah pimpinan daerah sebagai kendaraan dinas untuk kepala desa/lurah. Tak ayal Nmax pun cukup populer di kalangan ASN.

Ridwan Kamil: Jawa Barat Siaga I Virus Corona

Perlu diketahui, pada 2020 ini sendiri Yamaha telah merilis Nmax versi terbaru. Versi terbaru atau Yamaha Nmax 2020 ini memiliki pembaruan di berbagai sektor dibanding versi sebelumnya.

Mengutip detik.com, Senin (2/3/2020), mesin Nmax terbaru ini memang masih sama dengan versi sebelumnya yakni 155cc dengan teknologi Blue Core dan Variable Valve Actuation (VVA). Namun ada beberapa perubahan terutama di area klep. Area klepnya kini menggunakan ukuran 20.5 mm dari sebelumnya 19.5 mm.

Sudah Masuk ke Indonesia, Virus Corona Menular dari Jarak Kurang dari 2 Meter

Selain itu, piston All New Nmax juga menggunakan piston baru. "Piston All New Nmax menggunakan piston R15, yang pakai VVA. Dengan berbagai ubahan itu, All New Nmax mengalami kenaikan kompresi 11.6:1 dari 10.5:1. Ini yang menyebabkan tenaga Nmax baru makin besar," kata Service Education PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Ridwan Arifin.

Sementara menurut Liputan6.com, Senin (2/3/2020), Nmax 2020 ini juga sudah dilengkapi Stop & Start System (SSS) yang berfungsi untuk menjaga konsumsi bahan bakar agar tetap efisien pada saat motor sedang berhenti. Serta didukung Smart Motor Generator (SMG) yang membuat suara motor lebih halus saat dinyalakan.

2 WNI Positif Corona, Ahli Medis Tak Kaget

Untuk bodi, terlihat ada sejumlah perbedaan terutama di bagian lampu depan dan lampu belakang. Generasi tebaru nmax ini punya dimensi yang lebih lebih tinggi dibandingkan dengan yang lama. Namun ada persamaan khususnya di varian hitam dov yakni velg tetap berwarna emas.

Kemudian, Yamaha Nmax terbaru ini juga dilengkapi Traction Control System (TCS) yang menjadikannya motor pertama di kelas matik 150cc - 155cc yang memiliki fitur tersebut. Traction Control System ialah sistem yang dirancang untuk mengurangi resiko ban belakang selip di segala situasi permukaan jalan pada saat akselerasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya