SOLOPOS.COM - Sertifikat kursus nikah di Gunung Terang. (Instagram/@iks_infokaresidenansolo)

Solopos.com, SOLO – Warganet dibuat heboh dengan foto sertifikat kursus calon pengantin yang viral di media sosial. Foto sertifikat kursus calon pengantin tersebut salah satunya diunggah di akun Instagram @iks_infokaresidenansolo, Minggu (24/11/2019).

Sertifikat kursus calon pengantin tersebut diterbitkan Balai Penasehat Pembinaan dan Pelestarian Perkawinan (BP4) Kecamatan Gunung Terang, Tulang Bawang Barat, Lampung. Sertifikat itu menerangkan calon pengantin telah mengikuti kursus pranikah sesuai dengan KMA Nomor 477 Tahun 2004 Bab IX Pasal 18 ayat 3 tentang pencatatan nikah dan kursus calon di Kantor BP KUA Kecamatan Gunung Terang.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Kursus calon pengantin. Misalnya enggak lulus masak enggak boleh menikah?” tanya admin @iks_infokaresidenansolo sebagai keterangan foto vital.

Foto viral sertifikat kursus calon pengantin tersebut membuat warganet heboh. Beberapa dari mereka mempertanyakan apa persyaratan serta berapa biaya mengikuti kursus pranikah tersebut.

“Kursusnya bayar berapa? Tanya serius,” komentar @riksharagil.

“Itu bukan perkara lulus dan tidak lulus min. itu cuma sertifikat keterangan bahwa sudah melakukan pembinaan saja,” sambung @anisraningrum.

“Ditesnya pertanyaan seputar rumah tangga yang dasar-dasar saja. Tapi kalau enggak lulus kan ya kebangetan. Yang ujian berarti memang belum layak menikah,” sambung @yessinovita97.

Diberitakan sebelumnya, Kementerian Koordinator bidang Pembangunan dan Kebudayaan (PMK) menjadikan bimbingan pranikah sebagai syarat pernikahan. Sejak saat itu, isu tentang sertifikat bimbingan pranikah sebagai syarat wajib pernikahan menuai pro-kontra.

Deputi Koordinasi Bidang Pendidikan dan Agama Kemenko PMK, Agus Sartono, menegaskan sertifikat bimbingan pranikah tidak wajib dimiliki pasangan calon pengantin sebagai syarat pernikahan. Tetapi, bimbingan pranikah tetap dibutuhkan demi pemahaman dan tanggung jawab agar kelak menghasilkan sumber daya manusia (SDM) yang unggul.

 

Lihat postingan ini di Instagram

 

. Kursus calon pengantin? . Misale ora lulus mosok Yo Ra oleh rabi? ??? . . . . ?@lensasolo

Sebuah kiriman dibagikan oleh Karesidenan Solo (@iks_infokaresidenansolo) pada

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya