SOLOPOS.COM - Ketiga remaja yang viral setelah video sabetkan parang ke pemotor beredar di media sosial (medsos), saat dihadirkan di Mapolrestabes Semarang, Selasa (5/4/2022). (Solopos.com-Istimewa)

Solopos.com, SEMARANG — Aparat Satreskrim Polrestabes Semarang menangkap tiga remaja yang viral di media sosial (medsos) karena menyabetkan senjata tajam jenis parang ke pengendara sepeda motor di kawasan Kaligawe, Kota Semarang, Minggu (3/4/2022). Ketiga remaja yang diringkus polisi itu berinisial MHS, 17, GAP, 17, dan AK, 17.

Kendati demikian, kasus tiga remaja ini kemungkinan besar akan diselesaikan secara restorative justice. Hal ini dikarenakan hingga kini tidak ada laporan terhadap tiga remaja tersebut.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Jadi karena tidak ada korban yang melapor, untuk tindak pidana yang dilakukan mereka sementara diselesaikan dengan restorative justice, tidak diproses secara hukum. Sedangkan 10 pelaku lainnya masih dalam pengejaran kami. Ini bukti paling tidak biar memberikan efek jera kepada mereka,” ujar Kasat Reskrim Polrestabes Semarang, AKBP Donny Lombatoruan, kepada wartawan di Semarang, Selasa (5/4/2022).

Baca juga: Viral Video Remaja Sabetkan Sajam ke Pemotor, Lokasi Kaligawe Semarang

Kasus ini berawal dari viral rekaman video para remaja yang terlihat mengejar dan menyabetkan senjata tajam jenis parang ke pengendara motor di Kaligawe, Kota Semarang. Video itu dibagikan berbagai akun media sosial, seperti Instagram dan viral. Diduga peristiwa itu terjadi pada Minggu (3/4/2022) dini hari, atau sekitar pukul 01.00 WIB.

Informasi yang diperoleh Satreskrim Polrestabes Semarang, awalnya para remaja itu tengah berkumpul dan bermain game online. Tiba-tiba mereka mendapat pesan Whatsapp (WA) dari rekannya yang memberitahukan adanya warga dari daerah lain yang mengajak berkelahi.

Para remaja ini pun langsung bersiap menuju rel kereta api di kawasan Tanggung Rejo. “Mereka lalu menuju ke gapura yang ada di Karang Kimpul,” ungkap Kasat Reskrim Polrestabes Semarang.

Sesampainya di Karang Kimpul pihak penantang tidak menunjukan diri. Lalu setelah ditunggu lama, para remaja itu melihat dua orang mengendarai motor yang melintas ke gang langsung menyabetkan parang dan melakukan pengejaran.

“Mereka sabetkan ke pengendara meskipun tidak mengenai korban,” ujarnya.

Baca juga: Terlibat Tawuran, 9 Remaja Semarang Dicokok Polisi

Aksi brutal para remaja itu pun terekam dalam CCTV. Video mereka pun langsung beredar di dunia maya, atau medsos. Menanggapi viral video tersebut, polisi di Semarang langsung turun tangan dan melakukan penyelidikan, serta memeriksa sejumlah saksi.

“Dari saksi-saksi yang kita periksa, akhirnya kita menangkap tiga remaja pada Senin [4/4/2022],” imbuh Donny.

Dari para remaja tersebut, polisi menyita sejumlah barang bukti antara lain satu buah kayu berukuran 80 cm, satu besi jemuran, satu senjata tajam berupa celurit, dan satu senjata tajam berupa parang.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya