SOLOPOS.COM - Ilustrasi virus corona. (Freepik)

Solopos.com, SOLO--Belum lama ini viral video di media sosial yang menunjukkan nama virus Corona dalam buku pelajaran IPA tahun ajaran 2017. terdengar suara pria di video menjelaskan bahwa ini artinya virus corona sudah ada sejak dulu dan tidak perlu ditakuti.

Video tentang penjelasan virus corona di buku IPA tersebut viral di sejumlah sosial media, di antaranya grup Facebook, maupun akun Instagram warga Demak. Salah satu yang mengunggah video itu yakni @infokejadiandemak. Meski begitu, belum diketahui lokasi pengambilan video viral tersebut.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Dalam video berdurasi 1 menit 15 detik itu terdengar suara seorang pria yang membacakan kutipan dari buku IPA tentang virus Corona tak berbahaya. Pria itu juga menyorot materi buku pelajaran IPA yang menyebut virus Corona tak berbahaya.

Baca Juga: Waspada! Tingkat Penularan Varian Delta Hampir 100 Persen pada Klaster Keluarga

"Corona Virus ini sudah ada sejak zaman dulu, ini coba lihat di buku paket anak belajar, siswa-siswa belajar buku IPA untuk kelas 8 semester 2. Ini diterbitkan pada tahun 2017," ujar pria dalam video tersebut.

Dimintai konfirmasi soal materi buku IPA tersebut, Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Demak Eko Pringgo Laksito membenarkan soal materi tersebut. Meski begitu, Koko, sapaannya, menyebut kasus pandemi Covid-19 saat ini perlu dicermati karena merupakan varian baru Corona.

"Ya, buku Paket IPA kelas 8 semester 2 berkaitan dengan pengetahuan virus sebagai penyebab sakit, memang sudah lama dikenal di dunia ilmu pengetahuan, termasuk virus corona tersebut," ujar Koko, lewat pesan singkat kepada detikcom, hari ini.

Penjelasan tentang virus corona bukan hanya bisa ditemui di buku IPA. Dikutip dari WebMD, virus Corona sendiri memang sebetulnya sudah lama diketahui oleh para peneliti. Virus corona yang menginfeksi manusia kali pertama diidentifikasi pada tahun 1965 menyebabkan gejala ringan mirip pilek.

Hanya yang perlu diketahui virus corona ada berbagai macam. Dalam beberapa tahun sejak kali pertama diidentifikasi, peneliti menemukan jenis-jenis virus Corona lain yang ada pada binatang dan beberapa di antaranya bisa menginfeksi manusia.

Baca Juga: Selain Komorbid Pada Anak, Ini Pemicu Tingginya Angka Kematian Akibat Covid-19

Sampai pada 2002 muncul corona ganas pertama yang membuat heboh dunia yaitu virus severe acute respiratory syndrome (SARS). Virus Corona SARS yang awalnya muncul di China ini menyebar lebih ke 28 negara. SARS menyebabkan lebih dari 8.000 kasus dan 700 kematian sebelum akhirnya berhasil ditekan pada 2004.

"Virus Corona ini menyebabkan demam, sakit kepala, dan gangguan pernapasan lainnya mulai dari batuk-batuk hingga sulit bernapas," tulis WebMD seperti dikutip dari Detik.com pada (30/6/2021).

Jenis Corona berbahaya berikutnya teridentifikasi pada 2012 yaitu virus Middle East respiratory syndrome (MERS). Dibandingkan SARS, MERS memiliki tingkat kematian yang lebih tinggi namun kemampuan menularnya rendah. Dari sekitar 2.500 kasus MERS yang dilaporkan ada lebih dari 800 orang meninggal.

Hingga kemudian pada akhir 2019, jenis virus corona baru yaitu Covid-19 muncul. Virus corona ini menjadi pandemi dan berbahaya karena kemampuan menularnya yang begitu tinggi menyebabkan banyak orang jatuh sakit dalam waktu bersamaan.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya