SOLOPOS.COM - Ilustrasi pendaki tengah melintas di jalur pendakian lawu beberapa waktu lalu. (Istimewa/ Yeyen Choiri)

Solopos.com, KARANGANYAR — Video pendaki Gunung Lawu yang sempat tersesat saat mendaki ke puncak Gunung Lawu hingga akhirnya “dituntun” seekor burung Jalak viral di media sosial. Pendaki yang “dituntun” burung Jalak itu akhirnya bisa bertemu dan berkumpul lagi dengan rombongan.

Video aplikasi TikTok berdurasi satu menit itu menampilkan seekor burung berwarna gelap. Burung itu berjalan dengan melompat-lompat kecil di antara bebatuan dan pepohonan khas di gunung. Dia seolah-olah seperti sedang menjadi penunjuk jalan bagi pendaki yang mengambil video.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Subhanallah dituntun sama jalaknya, terima kasih. Tuh, kelihatan kami dituntun sama jalak penghuni Lawu. Subhanallah, terima kasih,” kata pendaki tersebut sambil terengah-engah dan tetap mendokumentasikan aksi Jalak.

Baca Juga: Ahli Waris Jenazah Pasien Covid-19 Wonogiri Tagih Santunan Kematian

Pendaki itu juga menuliskan kalimat tertentu untuk menggambarkan peristiwa yang dia alami. “Jadi ceritanya saya tersesat di Lawu berdua sama kawan. Konon katanya kalau di Gunung Lawu, kalau tersesat, insyaAllah ketemu Jalak kami akan dituntun.

Video itu diunggah akun TikTok @mocha_doank dua hari lalu, Rabu (17/2/2021). Video tersebut sudah dilihat 3,1 juta pengguna dan mendapatkan 260.000 like dan 6.118 komentar. Saat dikonfirmasi, pemilik akun TikTok @mocha_doank, Mohammad Soleh, 37, membenarkan video tersebut dia ambil saat mendaki Gunung Lawu pada Agustus 2020. Dia menuturkan baru sempat membagikan melalui akun TikTok.

Soleh mengaku hobi naik gunung. Hal itu juga tampak dari unggahannya di akun Instagram @mochadoank. Dia mengunggah sejumlah pose saat mendaki gunung. Sejumlah gunung di Pulau Sumatera telah ditaklukkan.

Kali Pertama

Meski hobi naik gunung, dia mengaku baru kali pertama mendaki Gunung Lawu. Dia mendaki melalui jalur pendakian Cemara Kandang. Dia mengaku belum mengenal dengan baik jalur pendakian Lawu.

Soleh bersama rekannya sempat terpisah dari rombongan. Mereka pun tersesat. Hingga akhirnya Soleh mengikuti seekor burung Jalak yang seolah memberi petunjuk jalan. “Awal-awal [pendakian] memang sudah ada jalak. Tapi kan awalnya enggak percaya saja kalau sampai dituntun. Nah, kemudian ada jalak datang kan. Cobalah saya ikuti,” tuturnya saat berbincang dengan Solopos.com, Kamis (18/2/2021).

Baca Juga: Dianggap Jadi Penyebab Kecelakaan, Bangunan di Pinggir Rel KA Kalijambe Sragen Diminta Ditertibkan

Hingga akhirnya Soleh dan rekannya bisa sampai puncak Gunung Lawu dan bertemu kembali dengan rombongannya. Namun saat sampai di puncak, Soleh sudah tak melihat burung Jalak Lawu yang menuntunnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya