Viral Makan Bawang Merah 3 Kali Sehari Sembuhkan Corona, Ini Faktanya
Solopos.com|lifestyle

Viral Makan Bawang Merah 3 Kali Sehari Sembuhkan Corona, Ini Faktanya

Beredar kabar makan bawang merah bisa sembuhkan Corona, benarkah?

Solopos.com, SOLO--Di media sosial beberapa waktu lalu beredar narasi viral makan bawang merah tiga kali sehari dan memakai perasan air lemon bisa menyembuhkan infeksi Covid-19. Narasi ini mulanya berasal dari cuitan akun Pam Vredenburg di akun Facebook.

Benarkah makan bawang merah bisa sembuhkan Corona? Simak ulasannya di tips kesehatan kali ini.

"Makanlah bawang merah 3 kali sehari, balurkan garam di dekat hidung. Tidur dengan posisi tengkurap selama 2 jam. Teteskan air perasan lemon ke hidung untuk melawan Covid-19," demikian narasi viral yang dipastikan hoax, dikutip dari laman resmi Satgas Covid-19.

Baca Juga: Jari Tangan Nyeri Akibat Terlalu Lama Mengetik? Atasi dengan Ini

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memastikan tidak ada bukti ilmiah terkait hal manfaat makan bawang merah untuk sembuhkan Corona. Dikutip dari Times Now, dokter spesialis onkologi Rumah Sakit Wockhardt, Mira Road, Mumbai, dr Chandra Veer Singh juga menjelaskan meneteskan air perasan lemon ke hidung malah bisa menyebabkan sinusitis.
Ada juga risiko seperti iritasi hingga peradangan saluran pernapasan. Klaim serupa juga viral di India. Belakangan, pemerintah India pun memastikan tak ada bukti ilmiah bawang merah mengobati Corona.

Kerap ramai diperbincangkan di media sosial, penggunaan perasan air lemon juga tidak meningkatkan kekebalan atau mencegah infeksi Covid-19.

Akun Twitter resmi PIB Fact Check merilis pernyataan terkait hoaks makan bawang merah tersebut.

"Sebuah video sedang dibagikan di media sosial yang mengklaim bahwa memasukkan 2 tetes jus lemon ke dalam hidung akan segera membunuh virus Corona. Klaim yang dibuat dalam video adalah palsu. Tidak ada bukti ilmiah bahwa infeksi Covid-19 dapat hilang dengan meneteskan perasan lemon ke hidung," jelas departemen informasi publik India, PIB, seperti mengutip laman detikcom, Kamis (3/6/2021).

Sebelumnya juga pernah beredar hoaks tentang manfaat makan bawang putih terhadap Covid-19. Cerita soal bawang putih bisa menyembuhkan virus Corona beredar didapatkan pesan terusan di WhatsApp. Sementara, muncul juga di beberapa media sosial lainnya, seperti Facebook.

Baca Juga: Hindari Sarapan Terburu-Buru Karena Bisa Ganggu Irama Sirkadian

Begini pesan soal bawang putih yang katanya bisa menyembuhkan Corona. "Ini bawang putih yg besar ambil 8 biji, dikupas kulitnya ditaruh mangkok dituang 7 gelas air mendidih selama 3 menit, setelah itu diminum langsung 2 gelas, ternyata pasien yg kena Virus Corona sembuh di hari kedua/setelah malam minum air bawang putih ini!!!!!" sebegaimana mengutip dari Klikdokter.com.

Bagaimana kebenaran soal bawang putih untuk virus corona? Nyatanya, hal ini merupakan hoax semata. Menurut dr. Alvin Nursalim, SpPD dari KlikDokter, sampai saat ini bahkan belum ditemukan obat untuk virus Corona termasuk vaksinnya. Ini berbeda dengan virus influenza yang sudah ada vaksinnya dan diperbarui setiap tahun.

Hoaks mengenai bawang putih yang dikatakan bisa menyembuhkan coronavirus dibuat oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Ini justru menimbulkan keresahan baru di antara banyak orang.



Berita Terkait
Indeks Berita
Promo & Events
Terpopuler
Berita Terkini
Indeks
Berita Video
View All

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago