SOLOPOS.COM - Putri Jawa Suriname 2022. (Instagram/@surinamepageantry)

Solopos.com, SOLO-Viral di media sosial sebuah kontes kecantikan yang diadakan di negara Suriname yang dinamakan dengan Putri Jawa Suriname 2022. Kontes kecantikan ini hanya diperuntukkan wanita Jawa.

Secara historis, beberapa orang Suriname memang berasal dari Indonesia, tepatnya orang Jawa.  Ketika Belanda masih menjajah Indonesia, Belanda membawa beberapa orang Jawa ke Suriname dan tinggal di sana. Banyaknya orang Jawa di Suriname yang kemudian menjadi inspirasi terkuat diadakannya kontes kecantikan ini.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dilansir dari laman Facebook resmi milik Putri Jawa Suriname 2022, kontes khusus ini baru kali pertama diadakan. Walaupun begitu, kontes ini tidak kalah menarik dibandingkan Putri Suriname pada umumnya.  Menariknya, untuk mengikuti kontes ini, hanya ada syarat terkait usia, sekitar 17 sampai 25 tahun.

Sementara itu, untuk aturan warna rambut ditiadakan dan setiap peserta bebas menggunakan warna rambut asli atau tidak. Selain itu, tidak ada aturan fisik lainnya yang mengatur.

Baca Juga: Kontestan Asal Filipina Dinobatkan Jadi Miss Global 2022 di Bali

Setelah melakukan proses seleksi awal, kini sudah ada setidaknya 15 orang yang lanjut ke babak berikutnya. Pihak penyelenggara pun membagikan foto dari kelima belas peserta tersebut. “Dengan bangga menampilkan 15 kontestan Putri Jawa Suriname 2022,” tulis dalam poster yang diunggah di Facebook tersebut.

Unggahan tersebut menjadi viral karena banyak yang terkejut dengan nama-nama dari para kontestannya. Hal ini dikarenakan nama belakang mereka terdengar familiar di Indonesia. Sama seperti orang Jawa di Indonesia, para peserta kontes ini menggunakan nama belakang yang khas. Mulai dari nama Ngadino, Katidjo, sampai pada Wirokarso.

Sementara itu pengurus paguyuban Diaspora Jawa di Suriname, Jakiem Asmowidjojo, mengungkapkan pendapatnya soal kontes PUtri Jawa Suriname 2022 itu. Menurutnya selain sebagai kontes kecantikan, kontes ini juga tentang mengajarkan budaya Jawa kepada para peserta dan juga kepada masyarakat luas. Begitu juga untuk mendekatkan Jawa dan Suriname. “Dengan acara Diaspora Jawa Ngumpulke Balung Pisah; kami membawa Jawa lebih dekat dengan Jawa di Diaspora.

Baca Juga: Kunjungi KPK, 45 Finalis Puteri Indonesia Dibekali Program Antikorupsi

Di laman Instagram @surinamepageantry mengunggah deretan kontestan kontes Putri Jawa Suriname 2022 itu. “Putri Jawa Suriname 2022 Official Top 15 candidates,” demikian tulis Instagram tersebut dikutip pada Rabu (13/7/2022).

Unggahan itu pun mendapatkan beragam komentar warganet.Kebanyakan memberikan respons positif dan dukungan atas kontes kecantikan tersebut.

“Love from JAWA TENGAH @surinamepageantry,”  tulis @aryakris***.

“Jawa tengah hadir,” tulis @bellvania.***.

Baca Juga:  Profil Nadia Tjoa, Pemenang Miss Face of Humanity 2022 dari Indonesia

“Wow.. wong jowo ra ilang jowone.. matur suwun sedulur kabeh, Salam kanggo sedulur ing Suriname,” tulis @jieke_ang***.

“Love from indonesia,” tulis @mr.yu***.

“sitie kasdjoe JAWA BANGET,” tulis @zuhd***.

Tak sedikit pula warganet memuji kecantikan para kontestan. “Ayu ayu kabeh putri ne,” tulis @eksan***.

“Ayu kabeh putrine,” tulis @theo***.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya