SOLOPOS.COM - Tangkapan layar video viral yang memperlihatkan kereta api melaju di depan rumah warga di Kota Jogja. (Istimewa/Tiktok)

Solopos.com, JOGJA — Video yang memperlihatkan kereta api melaju berhimpitan dengan teras rumah warga di Pengok, Gondokusuman, Kota Jogja, viral di media sosial.

Video itu pertama kali diunggah oleh akun TikTok @jooshkiiyevandesta Jumat pekan lalu. Video tersebut viral dan beberapa kali mencapai for your page (FYP) TikTok. Bahkan video tersebut diunggah sejumlah akun media sosial lain baik di Instagram maupun Twitter.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Video itu memperlihatkan kereta api dengan corak warna hijau melintas pelan di depan rumah warga. Rel yang dilalui berhimpitan dengan teras rumah warga. Selain itu, rel berada di jalan kampung, sehingga tampak pengendara motor menunggu kereta melintas. Hingga Senin (11/4/2022) video itu telah dilihat sebanyak 176.000 kali dan dikomentari lebih dari 15.400 akun.

Baca Juga: Antisipasi Klitih, Tempat Nongkrong di Jogja Bakal Didata dan Diawasi

Ekspedisi Mudik 2024

Berdasarkan pantauan harianjogja.com (Solopos Media Group) di lokasi, rel kereta api tersebut berada di Jalan Mutiara, Pengok, Baciro, Kota Jogja. Rel ini berada di permukiman yang berdekatan dengan kompleks Balai Yasa yang merupakan tempat perbaikan lokomotif kereta api.

Humas PT KAI Daerah Operasi VI DIY Supriyanto mengatakan kereta api yang melintas seperti yang tampak di video viral merupakan hal biasa karena di lokasi tersebut berada di emplasemen atau kompleks tempat banyak rel kereta sekaligus untuk bongkar muat sarana dan perbaikan.

“Itu berada di emplasemen [kompleks yang terdiri dari banyak jalur rel kereta api untuk menyimpan, menyortir, atau membongkar muat sarana kereta api dan lokomotif]. Balai Yasa atau bengkel, jadi sejak zaman Belanda seperti itu,” katanya Senin (11/4/2022).

Baca Juga: Warga Jogja Gelar Demo, Tuntut Tolak 3 Periode dan Hancurkan Oligarki

Ia memastikan kondisi tersebut tetap aman. Selain itu setiap ada kereta api yang melintas, biasanya ada petugas yang mengawal di depan

“Selama tidak ada orang menghalangi ya aman. Biasanya ada petugas langsir dan petugas yang mengawal juga. Jadi biasanya digunakan untuk langsiran ke bengkel untuk perawatan, perbaikan dan lainnya,” ucapnya.

Supriyanto mengatakan tidak ada jadwal khusus kapan kereta api lewat di depan rumah di Jogja karena perbaikan kereta api dilakukan sewaktu-waktu.

“Tidak ada jadwal khusus, namanya bengkel sewaktu-waktu uji coba saja.

Sejak dahulu seperti itu karena memang dulu rumah pekerja bengkel,” katanya.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul Viral Kereta Api Lewat Depan Teras Rumah di Pengok Jogja, KAI: Sejak Zaman Belanda

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya