SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, BLITAR — Peristiwa pemindahan makam seorang kiai menjadi viral di media sosial dan menjadi perbincangan hangat di antara warganet belakangan hari ini. Bukan tanpa sebab, pada pemindahan makam itu, jasad seorang kiai yang telah dikubur selama 31 tahun dikabarkan masih utuh.

Peristiwa itu viral setelah foto-fotonya dibagikan di halaman Facebook Santri Ndalem, Sabtu (16/3/2019). Pengelola halaman Facebook itu menyebut, jasad pada foto yang diunggah adalah Kiai Anwar S yang meninggal pada 1988 dan dipindahkan dari tempat permakaman umum ke permakaman keluarga di Masjid Tambakan, Kecamatan Gandusari, Kabupaten Blitar, Jawa Timur, Kamis (14/3/2019).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dijelaskan pula 90% jasad kiai Anwar masih utuh. “Meskipun wafat 1988, dibongkar hari kamis tgl 14-3-2019, kondisi jasad 90% masih utuh. Genap terhitung 31 tahun dikebumikan,” ungkap pengelola halaman Facebook Santri Ndalem.

Ekspedisi Mudik 2024

Berdasarkan foto yang diunggah, tampak beberapa orang mengangkat jasad terbungkus kain kafan yang sudah lusuh terkena tanah. Foto tersebut memang menunjukkan kondisi kain kafan yang masih tampak utuh.

“Kuasa ilahi di depan mata warga, nyata. Mulai jari kaki sampai kepala. Masih wujud gandeng sedikit pun tidak lepas. Kain kafan utuh, sedikit pun tidak sobek,” lanjut Santri Ndalem.

Foto tersebut lantas viral dan dibagikan ratusan kali di media sosial Facebook. Kebanyakan warganet percaya dengan kisah yang dituturkan Santri Ndalem terkait jasad kiai itu.

Santri Ndalem menjelaskan Kiai Anwar S yang jasadnya dikabarkan masih utuh itu memang merupakan sosok istikamah dalam menjalankan tugasnya sebagai kiai. “Beliau dulu istiqomah sebagai kiai di ormas NU ini alumnus Ponpes Apis Gondang, Kecamatan Gandusari, Kabupaten Blitar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya