SOLOPOS.COM - Presiden Joko Widodo (kanan) berjabat tangan dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dalam pertemuan di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (11/10/2019). (Solopos-Akbar Nugroho Gumay)

Solopos.com, SOLO — Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto mengeluarkan pernyataan lengkap saat pandemi virus corona (Covid-19) melanda Indonesia.

Prabowo Subianto mengeluarkan pernyataan lengkap kepada para kader Partai Gerindra untuk tetap optimistis dan tegar menghadapi wabah ini.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Pulang Kampung, Warga Menden Klaten Wajib Masuk Rumah Sauna Demi Cegah Corona

Pada pernyataan lengkap tersebut juga disebutkan kesaksian Prabowo Subianto ketika menjadi menteri Presiden Jokowi. Ia mengaku melihat keputusan yang diambil Presiden Jokowi selalu memikirkan keselamatan rakyat terutama warga miskin atau tidak mampu.

Berikut pernyataan lengkap Prabowo Subianto kepada kader Gerindra dalam video yang diunggah oleh pengelola akun media sosial Twitter @prabowo, Rabu (22/4/2020).

Round Up Covid-19 Wonogiri: 5 Kasus Positif, Kantor Pemerintahan Pilih Lockdown

Bismillahirrahmanirrahim
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Salam sejahtera bagi kita sekalian
Shaloom
Om Swastyastu
Namo buddhaya
Salam Kebajikan bagi kita semuanya.

Saudara-saudara sekalian, terutama para kader Partai Gerakan Indonesia Raya di manapun engkau berada. Saya, Prabowo Subianto, Ketua Dewan Pembina dan Ketua Umum Partai Gerindra, mengucapkan selamat malam, selamat berjumpa kembali melalui media Ini. Pertama-tama saya minta maaf yang sebesar-besarnya, setelah beberapa bulan, baru sekarang saya kembali berkomunikasi dengan saudara-saudara sekalian langsung.

Round Up Covid-19 Wonogiri: 5 Kasus Positif, Kantor Pemerintahan Pilih Lockdown

Pertama-tama tentunya dinamika perkembangan situasi politik beberapa bulan yang lalu begitu cepat sehingga saya harus mengambil keputusan-keputusan dengan cepat. Tapi setiap keputusan keputusan besar yang harus saya ambil saya selalu berkonsultasi dan meminta masukan serta pertimbangan dari pucuk pimpinan Partai Gerindra, yaitu Dewan Pembina Partai. Setiap langkah yang saya ambil selalu berkonsultasi dan saya minta kepada Anggota Dewan Pembina, terutama para tokoh-tokoh yang aktif memimpin dan mengendalikan partai termasuk para ketua dewan pimpinan-pimpinan daerah Partai Gerindra.

Kesaksian Prabowo

Saudara-saudara sekalian sudah 6 bulan kita Partai Gerindra masuk pemerintahan sebagai bagian dari pemerintah Republik Indonesia sebagai bagian dari koalisi Indonesia. Saya putuskan waktu itu untuk melakukan langkah besar rekonsiliasi nasional dengan mengesampingkan kepentingan partai, perasaan pribadi dan segala sesuatu yang menjadi pikiran-pikiran bersama demi satu hal yang utama yaitu kerukunan nasional, persatuan nasional dan rekonsiliasi.

Saya selalu katakan di tengah hiruk pikuk persaingan politik yang begitu keras saya selalu mengatakan bahwa lawan politik kita bukan musuh, lawan politik kita masih saudara kita sekalian, apapun terjadi tidak boleh ada perpecahan diantara bangsa Indonesia. Saya tidak mau merupakan bagian dari perpecahan itu berapapun ongkos yang harus kita bayar betapapun sedihnya perasaan kita harus kita kesampingkan demi kepentingan yang lebih besar.

Untuk itu kita sekarang bekerjasama dengan Presiden Republik Indonesia Bapak Joko Widodo. Selama saya menjadi anggota kabinet beliau saya bersaksi bahwa beliau terus berjuang demi kepentingan bangsa, negara dan rakyat Indonesia. Saya melihat dari dekat cara-cara pengambilan keputusan beliau dan yang selalu menjadi dasar pemikiran beliau adalah keselamatan rakyat yang paling miskin dan rakyat yang paling lemah.

Saudara-saudara sekalian juga saya melihat komitmen beliau untuk membersihkan pemerintahan Indonesia dari korupsi. Untuk itu saya mengatakan disini bahwa saya sebagai pimpinan tertinggi Partai Gerindra berterima kasih kepada seluruh kader yang telah memberikan kepercayaan kepada saya yang telah mendukung saya pada saat saya harus mengambil keputusan keputusan yang besar dan yang berat dan saya sekarang tetap minta dukungan saudara percayalah kepada pimpinan mu. Pimpinan mu tidak mungkin akan mengambil keputusan yang merugikan partai, apalagi rakyat dan bangsa negara Indonesia.

Solopos Hari Ini: Ganjar Emoh Terapkan PSBB di Jateng

Pandemi Covid-19

Saudara-saudara sekalian negara kita bangsa kita semuanya sekarang ini berada di tengah suatu bencana yaitu wabah pandemi Covid-19 suatu virus yang cukup membahayakan apabila kita sembrono dan tidak mengambil langkah-langkah yang harus diambil. Saudara-saudara sekalian dalam keadaan yang merisaukan ini tidak berarti bahwa kita harus putus semangat apalagi kita putus asa.

Dalam keadaan yang merisaukan ini justru dibutuhkan semangat, ketegaran, keberanian, dan yang paling utama adalah rasa persaudaraan, rasa persatuan kita harus kompak kita harus saling mendukung, terutama kita harus saling percaya dan mendukung unsur-unsur pimpinan kita semuanya. Jangan di tengah kondisi yang merisaukan ini, kondisi yang berbahaya ini justru kita saling mencari kesalahan

Mengisi Kekurangan

Saudara-saudara kita pasti sebagai manusia membuat kesalahan kita pasti membuat sesuatu yang mungkin dinilai kurang, tapi justru di saat saat ini kita harus saling mengisi kekurangan kita masing-masing, kita harus saling memperbaiki kalau ada di antara kita yang kurang atau salah bukan kita caci maki, bukan kita marah-marah bukan kita mengejek. Karena itu kader-kader Partai Gerinda harus dewasa kader kader Gerindra sebagai pejuang yang militan harus memberi contoh. Justru di saat ini kita harus bersatu saya minta seluruh kader Partai Gerindra percaya kepada pimpinan negara, percaya kepada pimpinan partai.

Saudara-saudara sekalian saya minta semua petunjuk. Semua saran, semua aturan yang diberikan oleh pemerintah apakah pemerintah pusat, pemerintah provinsi pemerintah kabupaten kota ataupun pemerintah kecamatan dan desa harus diikuti dan harus dipatuhi. Kita harus menjaga kesehatan dan keselamatan kita masing-masing kita harus menjaga lingkungan kita, kesehatan keluarga kita dengan segala upaya kita mulai hal-hal yang paling kecil harus sebagai contoh sering mencuci tangan sering apabila mampu harus menjaga kebersihan kita semuanya. Kita harus menjaga jarak diantara kita, kalau keluar kita harus pakai masker. Saudara-saudara sekalian kita harus hindari kerumunan. Kita harus hindari kumpul-kumpul untuk alasan apapun. Saudara-saudara sekalian Partai Gerindra terutama kader-kadernya harus senantiasa memberikan contoh yang baik.

Tsunami Aceh

Saudara-saudara sekalian kita masih menghadapi tantangan yang besar tetapi dengan kepercayaan diri dengan optimisme, keyakinan kepada Tuhan yang maha besar dan keyakinan bahwa kita pernah mengalami kondisi-kondisi yang juga sangat berbahaya. Kita ingat rakyat Aceh beberapa tahun yang lalu pernah mengalami tsunami yang besar, yang mengambil nyawa banyak sekali korban. Kalau tidak salah sampai ratusan ribu yang korban pada 1-2 hari tersebut.

Namun rakyat kita di Aceh tegar dan seluruh bangsa bersatu mendukung mereka di saat mereka susah sekarang tidak hanya rakyat Indonesia. Tetapi rakyat seluruh dunia yang menghadapi kesulitan karena itu justru kita harus kompak. Kita harus saling membantu rakyat kita. Saya bangga melihat kader-kader Partai Gerindra di seluruh bangsa Indonesia memberi bantuan kepada rakyat yang lebih sulit daripada diri kita masing-masing. Saya bangga melihat komitmen Anda semuanya itulah partai kerakyatan, itulah partai yang berjuang untuk rakyat sekarang kita diuji, sekarang kita harus semakin militan semakin semangat semakin tegar.

Saudara-saudara sekalian kemungkinan kita harus menghadapi situasi yang tidak baik ini untuk beberapa saat lagi. Tentunya kita berharap dan berdoa bahwa ini segera akan berakhir. Tetapi seandainya masih memerlukan waktu untuk kita mengatasi bersama seluruh dunia kesulitan ini saya minta Partai Gerindra kader-kadernya justru bertindak secara antisipatif.

Saya minta seluruh kader Partai Gerindra yang mampu untuk mengorganisir mereka yang lebih lemah, minimal dirimu dan keluargamu masing-masing, buatlah tanaman-tanaman pangan yang berguna untuk kepentingan, gunakan setiap lahan yang bisa kamu gunakan. Tanamlah bahan-bahan pangan untuk Saudara sendiri supaya Saudara di saat-saat yang susah mungkin terdapat kekurangan persediaan sewaktu-waktu kalian tidak panik kalian tidak risau karena kalian punya lumbung-lumbung sendiri.

Ketersediaan Pangan

Para kader Partai Gerindra yang banyak jumlahnya di mana-mana saatnya sekarang Saudara gunakan organisasimu. Gunakan kelompok-kelompok yang sudah Saudara bentuk, gunakan koperasi-koperasi yang sudah kau miliki. Untuk menjamin ketersediaan pangan bagi keluargamu dan kelompokmu sendiri. Dan bila perlu dan bila mampu bantulah mereka-mereka yang lebih sulit dari dirimu keluargamu dan kelompokmu semuanya.



Saudara-saudara sekalian saya percaya dan yakin Partai Gerindra sebagai partai besar yang tumbuh dari bawah yang berjuang menghadapi segala kesulitan partai kita akan semakin kokoh dan semakin kuat. Saya percaya bahwa ideologi kita ternyata dibenarkan oleh sejarah dari dulu. Kita selalu berjuang untuk Indonesia swasembada pangan, swasembada energi, swasembada obat dan air. Dan sekarang kita harus mewujudkannya kita sekarang bagian dari pemerintah kita harus bahu-membahu, bersama pemerintah, bersama partai-partai lain bersama elemen-elemen masyarakat lain jangan cari titik-titik perbedaan. Marilah kita cari titik-titik kebersamaan jangan mencaci maki jangan mencari kekurangan dan kesalahan, carilah kebaikan bantulah mereka yang perlu dibantu.

Tetap Tegar

Saudara-saudara sekalian kita semakin yakin bahwa analisa kita, tesis kita tentang kondisi ekonomi, politik kita berada di jalan yang yang benar kita dulu. Dan kita akan terus berjuang dari sejak dahulu terus kita berjuang untuk Indonesia berdiri di atas kaki kita sendiri. Kita harus percaya kepada kekuatan kita sendiri dalam keadaan yang sulit jangan berharap bangsa lain akan bantu kita. Tapi kita harus menggali kekuatan kita sendiri. Partai Gerindra berilah contoh yang terbaik. Itu pesan saya dalam taklimat malam hari ini sebagai kesimpulan.

Saya minta yang pertama, tetap tegar, tetap optimis, tetap percaya kepada Tuhan yang mahakuasa, percaya kepada pimpinan kita semuanya percaya kepada kekuatan kita sendiri. Yang kedua jaga persatuan dan persaudaraan. Ketiga jaga kesehatan dirimu, keluargamu, lingkunganmu laksanakan semua petunjuk dari pemerintah dan dari pimpinan pimpinan.

Yang keempat saudara-saudara siapkan masing-masing cadangan pangan masing-masing, siapkan tanaman pangan masing-masing siapkan lumbung pangan masing-masing. Dengan demikian kita optimis bersatu kita hadapi keadaan yang paling buruk sekalipun. Dengan ridho Tuhan yang maha besar, Tuhan Yang Maha Kuasa bagi umat Islam Allah subhanahu wa ta'ala kita bersama-sama keluar dari kemelut ini keluar dari tantangan ini, keluar dari krisis ini dengan semakin kuat, semakin bahagia. Terima kasih selamat malam, selamat berjuang.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Salam sejahtera bagi kita sekalian
Shaloom
Om santi santi om
Salam Kebajikan bagi kita semuanya, merdeka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya