SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO — Di beberapa daerah belakangan hari ini, viral fenomena alam gunung yang dipayungi awan mirip topi. Fenomena alam itu salah satunya tampak di Gunung Lawu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah (Jateng), Minggu (27/1/2019).

Banyak warganet khawatir fenomena alam seperti itu merupakan pertanda akan adanya bencana alam. Namun ternyata, fenomena alam seperti itu merupakan kejadian biasa dan tak perlu dikhawatirkan.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Hal itu dipastikan Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho, melalui akun Twitternya, @Sutopo_PN, Senin (27/1/2019). “Ini fenomena alam biasa saja. Tidak usah dikaitkan dengan mistis & politik menjelang pemilu pilpres, DPD, DPR, DPRD,” ungkapnya.

Sutopo yang menyertakan fenomena alam gunung bertopi di Gunung Slamet, Jateng menjelaskan awan seperti itu terjadi akibat adanya pusaran angin di puncak gunung.

“Gunung Slamet bertopi. Puncak gunung tertutup awan jenis Lentikularis atau Altocumulus Lenticularis. Awan ini terbentuk akibat adanya pusaran angin di puncak,” tandas Sutopo Purwo Nugroho.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya