SOLOPOS.COM - Logo Majelis Ulama Indonesia (Antara-Ardika)

Solopos.com, SOLO — Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jember, Jawa Timur, mengeluarkan fatwa haram joget pargoy, goyangan yang viral di media sosial Tiktok.

Fatwa haram tersebut tertuang dalam Tausiah Komisi Fatwa MUI Jember 02/MUI-Jbr/XI/2022. Dalam fatwa tersebut disebutkan joget pargoy merupakan jenis joget atau goyang tertentu yang dilakukan sekelompok remaja.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Awalnya, joget pargoy ramai dan viral di media sosial Tiktok. Namun, MUI Jember mengatakan joget pargoy saat ini mulai ditemui di acara umum dan terbuka diiringi dengan musik dan pengeras suara.

MUI Jember menambahkan, joget pargoy secara umum kerap dilakukan remaja perempuan, berpakaian seksi, membuka aurat dibarengi joget erotis yang disebut bisa menimbulkan syahwat lawan jenis.

Baca Juga: Kerap Dianggap Sama, Ini Perbedaan Mobil Listrik dan Hybrid

Oleh sebab itu, MUI Jember mengeluarkan fatwa haram untuk joget pargoy yang awalnya viral di media sosial Tiktok.

“Hukum joget pargoy adalah haram karena mengandung gerakan erotis, mempertontonkan aurat dan menimbulkan syahwat lawan jenis,” bunyi penjelasan MUI Jember.

Baca Juga: Jangan Asal! Begini Urutan Potong Kuku Menurut Islam

Setelah mengeluarkan fatwa haram tersebut, MUI Jember mengajak pemerintah, selaku pengambil kebiajakan dan tokoh masyarakat untuk melarang adanya joget pargoy dalam semua kegiatan.

Dalam fatwa yang dikeluarkan pada 19 November 2022 itu, MUI Jember juga mengimbau para tokoh agama dan masyarakat untuk membimbing dan mangarahkan masyarakat pada kegiatan-kegiatan positif dan tidak melakukan joget pargoy.

Baca Juga: Dari Mana Sebenarnya Kebaya Berasal? Ini 3 Versi Ceritanya

“Mengimbau kepada pemerintah, pengambil kebiajakan dan tokoh masyarakat untuk turut serta membantu melarang kegiatan joget pargoy. Mengimbau para tokoh agama dan masyarakat untuk membimbing dan mengarahkan masyarakat pada kegiatan-kegiatan positif dan berakhlak karimah,” bunyi ajakan dari MUI Jember dalam fatwa haram joget pargoy.

Baca Juga: 3 Cara Bikin Link WhatsApp dengan Mudah, Bisa Langsung Chat Tanpa Simpan Nomor

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya