Viral Besaran Gaji Kuli Bangunan, Seminggu Bisa Lebih dari Satu Juta

Beredar foto di media sosial yang memperlihatkan gaji atau upah seorang kuli bangunan setiap minggunya. Ada yang menerima lebih dari Rp1 juta per minggu.
SHARE
Viral Besaran Gaji Kuli Bangunan, Seminggu Bisa Lebih dari Satu Juta
SOLOPOS.COM - Sejumlah tukang sedang bekerja membangun SDN 02 Kadokan, Grogol, Sukoharjo, Rabu (27/11/2013) siang. Bangunan sekolah tersebut diproyeksikan sebagai tempat pengungsian korban banjir. ( Kurniawan/JIBI/Solopos)

Solopos.com, SOLO -- Beredar foto di media sosial yang memperlihatkan rincian gaji kuli bangunan yang besarannya bisa mencapai Rp1 juta lebih per minggunya.

Foto tersebut diunggah oleh pengguna akun Twitter @kanyamary yang diunggah ulang oleh akun Instagram @nenk_update pada Minggu (20/6/2021). Di unggahan tersebut terlihat rincian upah yang diterima kuli bangunan selama satu minggu.

PromosiTop! Bos Tokopedia Masuk List Most Extraordinary Women Business Leader

Baca Juga:  Kejadian Lagi! Kurir COD Boyolali Kena Marah Pembeli, Barang Pesanan Sampai Dibanting

Menurut penuturan @kanyamary, upah kuli bangunan rata-rata Rp100.000 - Rp150.000 per hari. Dengan upah sebesar itu, mereka bisa meraup penghasilan hingga Rp1 juta per minggu dengan catatan 12 jam kerja setiap harinya.

"Kalo ketemu kuli yg motornya bagus/baru jangan heran dulu. Gaji kuli harian yg jasanya kita pake rata2 100-150 rb per hari. Seminggu bisa hampir sejuta bahkan lebih, sebulan? Haha hitung sendiri, yg jelas lebih dari umr Semarang kan. Buat cewe2 jangan malu kalo pacar kalian kuli," ujar pengguna akun Twitter @kanyamary.

Baca Juga:  Alami Napas Berbunyi atau Mengi? Hati-hati Bisa Jadi Ini Penyebabnya!

Di unggahan selanjutnya baru terlihat gaji kuli bangunan yang kerja 12 jam sehari ada yang mencapai Rp1.290.000. Namun, upah yang didapatkan setiap kuli bangunan berbeda setiap orangnya.

Misalnya saja yang diperoleh Karno lebih besar dibandingkan Rukin. Di ungggahan tersebut, dituliskan Rukin memperoleh upah sebesar Rp950.000 per minggu, sedangkan Karno bisa mencapai Rp1.115.000 per minggunya.

Baca Juga: Bukan Hanya Nasi Gandul, Ini Sederet Makanan Enak khas Pati

Komentar Netizen Soal Gaji Kuli Bangunan

Viralnya besaran upah yang diperoleh kuli bangunan setiap minggunya ini ramai dikomentari netizen. Ada salah satu netizen yang membenarkan gaji tersebut. Tapi hal ini jauh berbeda jika kuli bangunan tidak ada pekerjaan.

"Kl ada proyek gede emang tp kl lg nganggur juga anyeb," ungkap netizen tersebut.

Baca Juga: Kelucuan Kucing Viral Bobby, Mogok Makan karena Tak Disapa Prabowo

Selain itu, ada pula netizen yang berpendapat jika upah untuk kuli bangunannya jauh lebih besar dibandingkan bahan bangunannya.

"Iya emang bener, kuli lebih mahal dari bahan bangunannya," jelas salah satu netizen.

Baca Juga:  Jos Tenan! Sempat Gagal UN, Dosen Muda UGM 28 Tahun Ini Lulus Oxford dan Harvard



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
Promo & Events
Berita Terkini
Indeks Berita

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago