SOLOPOS.COM - Irfan Hakim. (Instagram/@irfanhakim75)

Solopos.com, SOLO-Asisten rumah tangga (ART) Irfan Hakim baru-baru ini jadi perbincangan warganet.  Hal ini disebabkan karena perjalanan spiritualnya yang mengagumkan warganet.

Bukan hanya perjalanan spiritualnya, melainkan juga kemampuan berbahasa Arab sang ART Irfan Hakim itu yang jadi perbincangan warganet. Ternyata ada penyebab mengapa wanita tersebut bisa fasih berbahasa Arab.

Promosi Uniknya Piala Asia 1964: Israel Juara lalu Didepak Keluar dari AFC

Fakta ini seputar ART Irfan Hakim pertama diketahui dari kanal Youtube deHakims. Video yang diberi judul Kaget! Ternyata Bibi Fasih Banget Bahasa Arab! 10 Kali Umroh, 2 Kali Haji itu diunggah pada 17 Desember lalu. Dalam video itu, Irfan sedang menyambut tamunya, Syekh Ahmad Al Misri. Mereka duduk di ruang terbuka yang dipenuhi dengan pepohonan.

Baca Juga: Duet Bareng Gading Marten Nyanyi Pergilah Kasih, Ini Penjelasan Wijin

Saat berbincang bersama, datang salah satu ART Irfan yang mengantar minuman. ART yang dipanggil dengan sebutan “bibi” oleh Irfan itu kemudian diajak mengobrol oleh Syekh Ahmad Al Misri. Irfan menjelaskan kepada tamunya jika sang bibi sangat lancar berbahasa Arab. Walau begitu, ia tidak mengetahui lebih jauh mengenai latar belakang ART-nya tersebut.

“Si bibi ini, bahasa Arabnya lancar banget ya,” kata Irfan Hakim seperti dikutip dari kanal Youtube deHakims berjudul Kaget! Ternyata Bibi Fasih Banget Bahasa Arab! 10 Kali Umroh, 2 Kali Haji, Selasa (21/12/2021).

Mendengar itu, Syekh Ahmad langsung mengajak berbincang sang bibi dengan menggunakan bahasa Arab. Dari situlah, Irfan pertama kali mendengar fakta mengejutkan seputar ART-nya.

Selain fasih bahasa Arab, sang bibi ternyata sudah bekerja di Arab Saudi sejak berusia 20 tahun. Hal ini diungkapkan Syekh Ahmad dari percakapannya tersebut.

“Dari usia 20 tahun beliau sudah ke Saudi. Beliau sudah kerja di Dammam, kota di sana. Terus Riyadh. Itu luar biasa. Di Riyadh dulu kemudian pindah ke Dammam, balik lagi ke Riyadh,” kata Syekh Ahmad.

Baca Juga: Andra Ramadhan Blak-Blakan Vokalis Dewa 19, Siapa yang Lebih Disukai?

Tak sampai di situ, Syekh Ahmad juga mengatakan ART Irfan Hakim itu ternyata sudah 10 kali menjalani ibadah umrah dan 2 kali naik haji. “Berapa kali umrah? Nah, sudah 10 kali umrah beliau, 2 kali haji,” ungkap Syekh Ahmad.

Sontak, fakta itu membuat Irfan Hakim kaget. Ia pun mengakui selama ini kerap menyuruh anak-anaknya belajar bahasa Arab kepada ART-nya tersebut. “Oh masyaallah. Ibu haji. Jadi ini [ibu] sudah kerja 2 tahun di sini dan ngomong bahasa Arabnya memang lancar. Anak-anak itu sering, ‘Ayo belajar bahasa Arab sama Bibi, saya bilang begitu’,” cerita Irfan.

Lebih lanjut, ART Irfan Hakim itu juga mengakui betah saat tinggal di Arab Saudi. Puluhan tahun merantau di negara orang, sang bibi tidak pernah terkena masalah.  “Beliau hidup di sana, kata dia baik-baik saja, gak bikin masalah dan gak bikin apa. Beliau sampai puluhan tahun di sana, tuh gak balik ke Indonesia. Sudah puluhan tahun, artinya beliau merasa nyaman,” jelas Syekh Ahmad.

Baca Juga: Keinginan Atta Halilintar Bisa Bertemu Keluarga Akhirnya Terwujud

Sontak, video yang mengungkap jati diri ART Irfan Hakim itu ramai dikomentari warganet. Mereka menuliskan beragam komentar kagum sampai pujian terhadap sang ART maupun konten Irfan Hakim tersebut.

“Masyaallah berkah buat konten Aa Hakim. Pantas Allah permudah rezekinya Aa Hakim,” komentar warganet.

“Kak Irfan perbanyak bikin konten sama Syekh Ahmad, banyak banget ilmu yang didapat,” saran warganet.

“Luar biasa yang kerja dengan Aa. Salut dengan bahasa Arabnya Bibi. Bisa jadi guru bahasa Arab buat Aisha dan adik-adiknya tuh,” puji warganet.

“Top kak Irfan, kombinasi konten alam binatang dan nasihat untuk ruhiyah. Masya Allah tabarakallah,” tambah yang lain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya