SOLOPOS.COM - Viral amplop kondangan dibuka di tempat. (Instagram/@soloinfo)

Solopos.com, SOLO-Sebuah video memperlihatkan amplop kondangan dibuka di tempat jadi pembicaraan warganet dan jadi viral di sejumlah media sosial. Tak sedikit warganet mengecam aksi ini.

Ya, memang amplop kondangan langsung dibuka di tempat itu memang tidak lazim dilakukan. Terlebih jika hal itu dilakukan tepat di depan tamu undangan lain. Namun ternyata di sejumlah wilayah hal ini sudah menjadi tradisi.

Promosi Selamat! 3 Agen BRILink Berprestasi Ini Dapat Hadiah Mobil dari BRI

Sejumlah akun yang mengunggah video amplop kondangan dibuka di tempat itu adalah Instagram @timelinejowo dan @soloinfo pada Kamis (10/2/2022). Unggahan ini mendapatkan beragam komentar warganet.

Baca Juga: Viral Guru Bakar Sepatu Murid, Disebut Langgar Aturan

“Nang daerahmu po yo sumbangan di bukak langsung ngene?” tulis @soloinfo seperti dikutip pada Jumat (11/2/2022).

Dalam video singkat itu terlihat amplop kondangan langsung dibuka dan dihitung oleh penerima tamu sebelum dicatat di sebuah buku. Ada tumpukan kado juga, tapi tumpukan kado itu terlihat masih utuh alias tidak dibuka langsung.

Aksi ini pun langsung menuai hujatan warganet.Mereka menilai aksi ini tidak sopan. “Ga sopan sih,” tulis warganet.

“Buka ditempat, ngisin2i. Nikahan kui syukuran, syukuran kui berbagi kebahagiaan, kudune ra nompo sumbangan. Sing kudu disumbang kui kepaten (layat),” tulis warganet.

“Tapi kok koyone saru nek dibuka neng ngarepe tamu,” timpal warganet lainnya.

Baca Juga: Viral! Pria Ini Miliki Wajah Mirip Vin Diesel, Begini Penampakannya

“Ga duwe etika. nikah kog itungan malah dijadikan bisnis ,wes kebangeten,” tulis warganet lainnya.

“Ga etis banget,” timpal warganet lainnya.

“Sistime ngeneki pilih ngado genah ra mexico, soale ramungkin dibuka ditempat tur yo ora ditakokne isine opo?” tulis warganet.

Namun tak sedikit warganet mengatakan bahwa aksi amplop kondangan dibuka di tempat itu sudah jadi tradisi di daerah-daerah tertentu. Tradisi ini ternyata lazim dilakukan di Ngawi, di Wonogiri dan di Sukoharjo pinggiran.

“Yg blm tau pasti itu dianggap gak sopan.tapi itu udah menjadi tradisi.di daerah desaku juga begtu.daerah Ngawi Jawa timur,” tulis warganet.

“Itu tradisi daerah wonogiri, dan sdh biasa disana, dibuka dicatet trs diganti amplopnya dgn yg baru naru masuk kotak, kdg sy liat suami + istri bawa amplop sendiri2, jadi jgn dibilang ndak sopan dll, mmg tradisinya demikian,” tulis warganet.

“Wonogiri kui mesti, pas pisanan pindah omah perbatasan sukoharjo wonogiri, rodo shock nyumbang langsung disuwek amplope,” timpal warganet lainnya.

Baca Juga: Viral Bakul Gorengan Dandan Ala Nyi Blorong, Dibanjiri Pujian dan Doa

“Pernah ngalami nih.. Waktu jagong ke Pracimantoro, Wonogiri,” tulis warganet mengisahkan pengalamannya.

“Sukoharjo pinggir,wonogiri juga masih ada yg begini,gak cuma amplop tapi juga gawane di catet,adat’e daerah masing” ben ora lali suk nek nduwe gawe di bales podo,ngono maksudte,nek kota sepiro” sumbangane di lem lebokne kotak sumbangan,jadi lebih bijak yaa gak oleh menilai sopan dan tidaknya suatu adat,” tulis warganet lainnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya