SOLOPOS.COM - Tangkapan layar video tiga orang mencuri grill penutup saluran air di dekat Pasar Ayam Semanggi, Pasar Kliwon, Solo, Senin (13/6/2022). (Instagram @visitsurakarta)

Solopos.com, SOLO — Aksi tiga orang curi grill saluran air di depan salah satu rumah pemotongan ayam kawasan Pasar Ayam Semanggi, Pasar Kliwon, Solo, viral di media sosial. Peristiwa itu terjadi pada Senin (13/6/2022) malam dan diketahui pemilik rumah setelah pulang dari masjid malam itu.

Aksi para pencuri itu juga terekam kamera CCTV yang kemudian diunggah di media sosial hingga menjadi viral. Video rekaman CCTV itu diunggah, salah satunya oleh akun Instagram @visitsurakarta dan akun @dpupr_surakarta.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Anak dari pemilik rumah pemotongan ayam tersebut, Difan Agra Susilo, 22, mengatakan awal mulanya sang ayah pulang dari masjid dan mendapati grill saluran air di depan rumahnya raib.

“Bapak pulang dari masjid kok udah nggak ada ini [gril saluran air] jam 20.00 WIB kurang, terus cek CCTV. Kejadiannya jam 19.47 WIB,” ucapnya sembari menunjukkan rekaman CCTV pencurian grill saluran air di Semanggi, Solo, yang viral itu.

Ekspedisi Mudik 2024

Dalam rekaman itu terlihat pelaku berjumlah tiga orang berboncengan naik satu sepeda motor. Mereka terlihat seperti sudah merencanakan untuk mencuri gril saluran air itu.

Baca Juga: Penutup Saluran Air Flyover Manahan Solo Jadi Perhatian Legislator, Kenapa?

Terlihat salah seorang dari tiga oknum itu turun dari sepeda motor dan mengambil besi grill kemudian menaruhnya di pijakan kaki sepeda motor. Ketiga pelaku kemudian langsung pergi setelah melancarkan aksinya.

Dilaporkan Ke Polisi

Kepada Solopos.com, Difan mengatakan video rekaman CCTV pencurian grill saluran air itu langsung ia kirim ke grup Whatsapp warga dan langsung ditindaklanjuti pengurus RT. “Langsung videonya dikirim ke grup Whatsapp warga sini, besoknya [Selasa, 14/6/2022] bapak RT-nya ngecek terus dilaporin ke Polsek Pasar Kliwon,” terangnya.

Video pencurian grill saluran air di Semanggi, Solo, itu kemudian diunggah di media sosial dan menjadi viral. Difan mengatakan Selasa (14/6/2022) pagi saluran air itu langsung dicor karena kedalamannya bisa membahayakan pengguna jalan.

Baca Juga: Atasi Banjir di Setabelan, DPUPR Solo Bersihkan Endapan Saluran Air

“Kemarin pagi sudah dicor sama bapak, itu cukup dalem, kalau orang keblegong di situ kakinya bisa patah, bahaya banget, pas malem langsung ditutup keranjang itu [lubang saluran air yang menganga] sama bapak,” katanya. Pantauan Solopos.com, lubang saluran air itu sudah tertutup semen, karena area tersebut juga digunakan untuk parkir kendaraan.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Solo, Nur Basuki, mengatakan sudah berkoordinasi dengan kepolisian terkait kasus pencurian grill saluran air di Semanggi yang viral itu.

Diganti Beton

“Ya soal itu saya sudah koordinasi dengan kepolisian, karena memang kasusnya banyak. Sing dicolong regane ora sepira tapi masyarakat sing kelangan sing lapor, kerugian materinya kan bukan hanya dari pemerintah kota tapi masyarakat pengguna jalan terpengaruh, jadi waswas, nglewatinya mak tratap,” ungkapnya.

Baca Juga: Simpang Joglo Solo Macet, Pedagang Kuliner Keluhkan Debu-Asap Kendaraan

Karena banyaknya kasus pencurian grill saluran air, Nur Basuki mengatakan sebagai alternatifnya grill saluran air itu akan diganti dengan beton. “Finishing-nya kami ganti beton juga bisa, dari sisi kekuatan beton mampu, dari sisi nilai jualnya ya kecil, diganti perlahan-lahan,” ucapnya saat ditemui Solopos.com di Kantor DPUPR siang itu.

Nur Basuki mengharapkan alternatif penggantian dari besi ke beton itu agar oknum-oknum pencuri tidak merusak infrastruktur khususnya penutup saluran air.

“Ya kami ganti desain saja, material kan tidak hanya dari besi, ada material-material lain yang fungsinya masih sama. Seperti beton kalau itu masih dicolong itu ya kebangeten, dalam artian ada unsur kesengajaan, urgent, mendesak,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya