SOLOPOS.COM - Maverick Vinales (tengah) berfoto bersama Marc Marquez (kanan) dan Andrea Dovizioso (kiri) di podium usai balapan GP Malaysia di Sirkuit Sepang Malaysia, Minggu (3/11/2019). (Istimewa/ @motoGP)

Solopos.com, JAKARTA -- Pembalap Monster Energy Yamaha, Maverick Vinales, mempersembahkan kemenangan yang dia raih dalam Grand Prix (GP) Malaysia, Minggu (3/11/2019), untuk pembalap Indonesia Afridza Munandar. Afridza meninggal dunia setelah kecelakaan di balapan Asia Talent Cup.

Afridza mengalami kecelakaan pada Tikungan 10 dalam lap pertama Race 1 di Sirkuit Sepang, Malaysia, Sabtu (2/11/2019), dan bendera merah pun dikibarkan.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Pembalap berusia 20 tahun itu sempat mendapatkan tindakan medis di sisi trek sebelum diterbangkan ke Rumah Sakit Kuala Lumpur dengan helikopter. Munandar dinyatakan meninggal dunia tidak lama setelah itu.

"Aku ingin mendedikasikan balapan ini untuk anak muda yang meninggal kemarin. Dia adalah favoritku di Idemitsu Asia Talent Cup. Belasungkawa kepada seluruh keluarganya," kata Vinales seusai lomba seperti dilansir laman resmi MotoGP.

Start dari P2, pembalap asal Spanyol itu meraih kemenangan pertamanya di Sepang di kelas premier dan trofi juara keduanya di musim ini setelah Assen, Belanda. Kemenangan itu seolah sebagai balasan hasil buruk di Phillip Island pekan lalu ketika rekan satu tim Valentino Rossi itu terjatuh di lap terakhir.

"Balapan yang luar biasa. Kami menyiapkan balapan ini dengan sangat baik di akhir pekan. Aku merasakan potensi yang besar ketika melewati lap pertama.

"Sangat disayangkan hasil di Australia di mana aku merasakan potensi yang bagus juga tapi berada di tempat pertama hari ini terasa luar biasa," kata dia.

Maverick Vinales Juara GP Malaysia, Marquez Cetak Rekor Baru

Sedangkan pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, tampil mengesankan setelah start dari P11 dan merangsek ke peringkat empat besar di lap pembuka. Namun pembalap yang telah mengunci gelar juara dunia musim 2019 itu tak mampu mengejar Vinales dan harus puas sebagai runner-up terpaut tiga detik di belakang.

Dengan mengemas 20 poin, Marquez kini menjadi pebalap yang meraup poin terbanyak dalam satu musim dengan total 395 poin dengan satu balapan tersisa, memecahkan rekor Jorge Lorenzo yaitu 383 poin pada 2010.

"Vinales hari ini lebih cepat dari kami dan aku melihat kesempatannya seperti di Phillip Island, aku tetap di belakang dia," kata Marquez seperti dikutip Reuters.

Marquez pun menggunakan kesempatan ketika seusai lomba untuk mengenang Afridza. "Kita tak boleh melupakan Munandar, dia adalah pebalap muda. Aku pernah bertemu dengannya sekali, dia anak yang baik tapi sayangnya di dunia balap motor, terkadang hal seperti ini terjadi."

3 Jam Autopsi Pembalap Indonesia Afridza Syach Munandar, Ini Hasilnya

Sementara itu Andrea Dovizioso melengkapi podium hari itu dengan finis ketiga untuk Ducati.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya