View Once, Fitur Baru WhatsApp Foto-Video Nongol Sekali Langsung Hilang

Foto dan video kiriman dengan fitur baru WhatsApp, View Once hanya bisa tampil sekali lalu menghilang.
View Once, Fitur Baru WhatsApp Foto-Video Nongol Sekali Langsung Hilang
SOLOPOS.COM - Tampilan ikon fitur baru View Once pada WhatsApp.

Solopos.com, SOLO – Sudah coba fitur baru WhatsApp? View Once, fitur ini memfasilitasi pengiriman video dan foto yang hanya muncul sekali langsung hilang.

Fitur ini bisa diakses melalui pembaruan seri 2.21.18.17. Versi pembaruan ini sudah bisa didapatkan sejak 14 September 2021.

Menurut pantauan Solopos.com, Selasa (28/9/2021), pengguna bisa mendapati ikon View Once saat melampirkan foto atau video sebelum mengirimkannya. Gambar angka satu di dalam lingkaran, separuh garis tanpa putus dan separuhnya garis putus-putus, merupakan ikon fitur baru tersebut.

Baca Juga: WhatsApp Kembangkan Penggunaan Satu Akun Dioperasikan 2 HP

Ikon ini berada di kanan bawah, bersebelahan persis dengan ikon kirim atau logo pesawat kertas warna hijau. Semudah itu pengoperasian View Once.

Namun yang harus dicatat, fitur ini baru aktif setelah diklik. Pengguna bisa membedakan fitur ini sudah aktif atau belum melalui warna ikonnya. Jika ikon angka satu dalam lingkaran sudah berwarna hijau, berarti fitur ini sudah aktif.

Lalu bagaimana tampilan foto dan video yang dikirim dengan fitur baru ini? Tampilan pada layar kedua pihak pada dasarnya sama. Yang membedakan adalah warna ikon. Pada penerima, ikon View Once kali pertama nongol dengan gambar panah ke bawah atau simbol unduh dikurung linggkaran, semuanya berwarna hijau.

Baca Juga: Tampilan dan Fungsi Voice Note WhatsApp Bakal Berubah

Butuh dua kali klik untuk melihat kiriman foto atau video View Once. Setelah dua kali klik, akan muncul notifikasi yang mengingatkan gambar atau video akan hilang saat pengguna penutupnya. Artinya, memang kiriman via View Once ini hanya sekali nongol.

Berbeda dengan kiriman melalui lampiran foto dan video biasa. Tak ada fasilitas unduh saat kiriman View Once dibuka. Jadi jangan nyesel ya jika buru-buru menutup kiriman foto atau video sebelum anda benar-benar melihatnya.

Seperti diberitakan Solopos.com sebelumnya, fitur baru tersebut mulai diperkenalkan via twitter resmi WhatsApp pada Senin (18/9/2021). Saat itu, WhatsApp mengisyaratkan View Once merupakan fitur pengonversi kiriman foto dan video menjadi sebuah kiriman stiker.

Baca Juga: Perhatian: November, WhatsApp Blokir 53 Tipe HP

WhatsApp mengunggah ilustrasi cara pengiriman video melalui fitur View Once. Seorang perempuan menunjukkan tatonya dan mengirim video dokumentasi menjadi stiker. “Stiker tato? tak harus video,” tulis WhatsApp di akun tersebut.

Sebelumnya, WhatsApp juga mengumumkan fitur ini melalui unggahan video berdurasi satu menit dua puluh detik.

Bedanya, ilustrasi video pada unggahan tersebut mendemonstrasikan pengiriman foto menjadi stiker. “Bagikan apa yang anda inginkan, kapan pun, dengan siapa pun, secara pribadi dengan view once dengan WhatsApp,” tulis WhatsApp.

Berita Terkait
    Promo & Events
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago