SOLOPOS.COM - Pemandangan wilayah Sukoharjo dari kawasan Gunung Gajah Mungkur di Kecamatan Bulu. (Solopos/Bony Wicaksono)

Solopos.com, SUKOHARJO — Gunung Gajah Mungkur diproyeksikan menjadi destinasi wisata alternatif dan ikon pariwisata Sukoharjo bernama Solo Grand View. Secara geografis, lokasi Gunung Gajah Mungkur terletak di Dusun Kerjo, Desa Kedungsono, Kecamatan Bulu.

Lokasi Gunung Gajah Mungkur tak jauh dari Gunung Sepikul atau Bukit Sepikul. Wilayah tersebut berbatasan langsung dengan Desa Gunungan, Kecamatan Manyaran, Kabupaten Wonogiri.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Gunung Gajah Mungkur sangat cocok bagi pehobi tracking atau pendakian terutama bagi pemula. Ketinggian gunung tak lebih dari 500 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Puncak Gunung Gajah Mungkur bernama Laskar Pelangi menjadi spot paling menarik bagi para pemburu sunset. Mereka bisa menikmati matahari menghilang di bawah garis cakrawala.

Ekspedisi Mudik 2024

Baca Juga: Aplikasi SIRUP Dongkrak Lelang Pengadaan Barang dan Jasa Sukoharjo

Momen ini kerap diburu para pengunjung yang ingin mengabadikan momen tersebut sembari berfoto selfie. Potensi panorama alam Gunung Gajah Mungkur memantik seorang pengusaha muda, Machmud Lutfi Huzain, untuk mengembangkannya menjadi ikon wisata Sukoharjo.

“Saya ingin mengembangkan potensi alam yang luar biasa di Gunung Gajah Mungkur. Terlebih, Sukoharjo minim destinasi wisata. Saya bermimpi Gunung Gajah Mungkur menjadi ikon pariwisata di Sukoharjo,” katanya saat berbincang dengan Solopos.com, Kamis (2/12/2021).

Perizinan Usaha Pariwisata

Machmud jatuh cinta dengan kampung halamannya di wilayah Bulu. Ia ingin menggali potensi alam untuk pengembangan pariwisata di Kabupaten Jamu. Ia mengaku telah membeli lahan di sekitar Gunung Gajah Mungkur seluas 28 hektare.

gunung gajah mungkur sukoharjo ikon wisata
Lokasi Gunung Gajah Mungkur di Bulu, Sukoharjo, yang akan dikembangkan menjadi ikon wisata bernama Solo Grand View. (Solopos/Bony Eko Wicaksono)

Pengusaha muda yang merintis budidaya mikroalga ini menyampaikan telah menyosialisasikan rencana pembangunan destinasi wisata Solo Grand View kepada warga setempat. Ia juga selalu berkomunikasi dengan Pemerintah Desa Kedungsono saat melengkapi syarat-syarat perizinan usaha pariwisata.

Baca Juga: Pembuang Bayi dalam Kardus Di Nguter Sukoharjo Diduga Warga Sekitar

“Hanya tinggal izin mendirikan bangunan [IMB] yang belum terbit karena perubahan regulasi dari pemerintah pusat. Saya menargetkan pengerjaan pembangunan fasilitas Solo Grand View rampung dalam enam bulan. Kemungkinan, Solo Grand View resmi beroperasi pada akhir 2022,” tutur Machmud.

Machmud menyebut pengembangan destinasi wisata yang akan menjadi ikon wisata Sukoharjo di Gunung Gajah Mungkur bakal menimbulkan multiplier effects. Masyarakat bisa membuka usaha kecil-kecilan di sepanjang jalur menuju lokasi Solo Grand View. “Saya yakin kontribusi pemasukan pendapatan asli daerah (PAD) Sukoharjo meningkat setelah Solo Grand View beroperasi,” katanya.

Seorang warga Dusun Kerjo, Desa Kedungsono, Surat, menyambut baik pengembangan destinasi berkonsep alam di Gunung Gajah Mungkur. Selama ini, potensi wisata alam di wilayah Bulu tak hanya Gunung Sepikul. Banyak potensi wisata alam lain yang tak kalah memesona seperti Gunung Gajah Mungkur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya