SOLOPOS.COM - Atlet lari paragame melakukan selebrasi seusai memenangkan pertandingan. JIBI/Solopos/dok

Solopos.com, PAPUA – Vietnam resmi mengundurkan diri menjadi tuan rumah ASEAN Para Games (APG) yang direncanakan pada 2022 mendatang. Hal itu dikarenakan penyelenggara mempertimbangkan kondisi gelombang keempat pandemi virus Corona.

ASEAN Para Sports Federation (APSF) telah mengirim surat resmi kepada National Paralympic Committee (NPC) Indonesia perihal nasib APG. Untuk memperjelas nasib APG 2022, Vietnam Paralympic Association (VPA) Vietnam telah mengirim surat resmi yang ditujukan kepada APSF, Osoth Bhavilai dan negara-negara anggota APSF termasuk Indonesia.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Baca Juga: Top! Marcus/Kevin Tembus Final Indonesia Masters 2021

Dalam surat tertanggal 11 November 2021 yang ditandatangani oleh Presiden NPC Vietnam, Huynh Vinh Ai, berisikan penjelasan tentang pelaksanaan ASEAN Para Games ke-11 tahun 2022. Vietnam memutuskan untuk membatalkan pelaksanaan APG 2022 karena tingginya gelombang keempat penyebaran Covid-19 di Vietnam.

Selain masih tingginya kasus aktif Covid-19 di Vietnam, VPA juga melihat kasus Covid-19 di negara-negara anggota APSF juga masih tinggi sehingga memutuskan untuk tidak menjadi tuan rumah APG 2022.

Melihat situasi yang kini terus berkembang dan tidak bersedianya Vietnam menggelar APG 2022, muncul rencana dari NPC Indonesia untuk menjadi tuan rumah. Peluang Indonesia untuk menggelar APG 2022 sedikit terbuka karena hal itu telah sempat dibicarakan oleh Ketua Umum NPC Indonesia, Senny Marbun dengan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo.

Baca Juga: Pengumuman! Cuaca Tak Membaik, Race 1 WSBK di Mandalika Ditunda Besok

“Saya telah membicarakan keinginan kita kepada Presiden Joko Widodo saat menemani beliau menyaksikan pertandingan final para bulu tangkis Peparnas di GOR Cenderawasih Jayapura, kemarin. Secara lisan Presiden sangat mendukung rencana Indonesia menjadi tuan rumah APG 2022 menggantikan Vietnam,” kata Senny Marbun dalam keterangannya pada Senin (15/11/2021).

Senny menambahkan, untuk proses selanjutnya menjadi tuan rumah APG 2022 akan menunggu surat dukungan dari Presiden atau pemerintah. Ia memastikan Indonesia siap menjadi tuan rumah jika nantinya ditunjuk oleh Federasi Para Sports Asia Tenggara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya