SOLOPOS.COM - Ria Ricis (Instagram @riaricis1795)

Ria Ricis ditantang menutup akun Youtube lantaran videonya dianggap tidak mendidik.

Solopos.com, SOLO – Selebritas Instagram alias selebgram Ria Ricis mendapat teguran dari seorang traveler sekaligus pencinta alam yang memiliki akun @wullanrussell. Aksi adik Oki Setiana Dewi yang sering dipamerkan melalui vlog itu dianggap sama sekali tidak mendidi.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Salah satu aksi wanita bernama asli Ria Yunita yang membuat @wulanrussell geram adalah saat membuang squishy ke kloset dan laut. Kedua aksi konyol tersebut diunggah dalam vlog di channel Youtube milik Ricis, Ria Ricis Official.

Keluhan @wulanrussell atas video Ria Ricis (Instagram @wulanrussell)

Keluhan @wulanrussell atas video Ria Ricis (Instagram @wulanrussell)

Menurut @wulanrussell, kedua video Ricis itu menyesatkan dan terkesan hanya mencari sensasi untuk mendongkrak popularitas. Dia menilai tindakan Ricis salah, lantaran mengajarkan orang lain tidak mencintai lingkungan dengan membuang sampah sembarangan. Keresahan @eulanrussell atas kelakuan Ricis diungkapkan lewat sebuah unggahan di Instagram, Rabu (27/12/2017).

“Kamu pikir saya enggak tahu judul konten salah satu trik untuk menaikkan penonton? Dengar ya, saya adalah salah satu orang di Indonesia yang paling dendam kesumat sama orang yang doyan nyampah. Dan orang kayak kamu seharusnya enggak ada di dunia ini. Yang malah jadi kaya karena memberikan contoh hal yang enggak benar kayak membuang squishy. Penting banget enggak sih?” protes @wulanrussell.

Dalam kedua video tersebut, Ricis mengaku memungut kembali squishy yang telah dibuang. Namun, dalam penglihatan @wulanrussell hal itu tidak pernah ada. Alhasil, dia menantang Ricis adu kekuatan fisik. “Di video sebelumnya kamu buang sampah ke laut ngaku dipungut lagi. Terus menenteng bintang laut pula. Sekarang bikin beginian lagi. Kamu tahu enggak tisu toilet saja bisa bikin sampah yang mengendap. Apalagi squish yang terbuat dari plastik. Mau sudah diambil lagi dari toilet, tetap saja judul awalnya memberikan contoh yang enggak benar,” sambung @wulanrussell.

Tanggapan @wulanrussell atas kritikan netizen soal Ricis (Instagram @wulanrussell)

Tanggapan @wulanrussell atas kritikan netizen soal Ricis (Instagram @wulanrussell)

“Sini kalau kamu punya nyali. Saya tantang kamu adu panco atau muay thai di atas ring pas kehamilan saya masuk bulan keenam. Kalau kamu kalah, hapus channel. Saya enggak mau generasi muda di Indonesia pada buang sampah sembarangan gara-gara menonton videomu. Kalau punya nyali, terima tantangan saya. Saya kasih waktu sampai 31 Desember 2017,” tegasnya.

Sayang, teguran @wulanrussell malah menuai kritikan dari sejumlah netizen. Mereka menilai dia hanya sekadar mencari sensasi dengan menegur Ricis. Tak terima dengan kritikan tersebut, dia akhirnya memberi penjelasan kepada warganet.

“Saya enggak ada maksud cari tenar. Saya bangga karena akun ini asli dan saya pegang sendiri. Saya kasih tahu ya, saya enggak akan pernah lelah menegur orang yang doyan buang sampah sembarangan dan merusak bumi,” tegas @wulanrussell, Kamis (28/12/2017).

Pemilik akun @wulanrussell menegur Ricis lantaran jumlah pelanggannya yang sangat banyak. Dia tidak mau video Ricis mengajarkan hal buruk kepada orang lain. Dia tidak suka dengan judul video Ricis yang dianggap tidak mendidik.

Pemilik akun @wulanrussell (Instagram @wulanrussell)

Pemilik akun @wulanrussell (Instagram @wulanrussell)

“Di videonya buang squishy ke kloset, oke diambil lagi. Tapi, buat content creator, di Youtube itu ada pendidikan bahwa thumbnail dan judul video adalah salah satu cara untuk menambah pelanggan. Dengan kata lain, mau itu sampah diambil lagi, dia secara tidak sadar membuat alam bawah sadar kalian mengklik video itu dan menonton. Kalau ada yang mengikuti tiba-tiba squishy-nya di-flush gimana?” tanyanya.

Lebih lanjut, @wulanrussell meminta warganet tidak menceramahi dirinya. Sebab, dia sama sekali tidak mengenal mereka secara pribadi. Dia sangat prihatin melihat warganet yang gemar mengkritik orang lain melalui media sosial.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya