SOLOPOS.COM - Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, memunguti sampah di kawasan CFD Solo. (Instagram/@agendasolo)

Solopos.com, SOLO — Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, terekam kamera memunguti sampah di kawasan CFD Jl Slamet Riyadi, Minggu (22/5/2022). Aksinya itu pun viral di media sosial, salah satunya diunggah pengguna akun Instagram @agendasolo.

Dalam video itu Gibran yang mengenakan kaus putih dan celana hitam berkeliling CFD mengendarai sepeda. Dia tampak memunguti sampah yang berserakan di trotoar.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Gibran juga sempat berkata kepada pengunjung untuk meninggalkan sampah untuk kemudian dia pungut.
“Sudah mbak? Kalau sudah tinggal saja. Nanti saya bersihkan,” katanya kepada warga.

Orang nomor satu di Kota Solo itu mengatakan masih banyak warga yang kurang menyadari kebersihan. Salah satunya tentang kebiasaan membuang sampah sembarangan, sehingga dia pun memberikan contoh dengan memunguti sampah yang berserakan tersebut.

Video tersebut lantas mendapat beragam tanggapan dari warganet. Kebanyakan dari mereka merespons positif aksi Gibran.

“I respect this act good job Mas Gibran,” komentar @eva_tristyana324.

Baca juga: Terindikasi Ngepruk Tarif Parkir, Jukir CFD Dipanggil Dishub Solo

“Nah good mas. Seorang pemimpin harus memberikan teladan kepada masyarakat. Semoga masyarakatnya sadar pentingnya kebersihan lingkungan,” sambung @kak_candra.

“Segitu care-nya pak wali kota. Tapi masyarakatnya kok pada cuek, no respon ke wali kotanya ya guys. Enggak seperti respons masyarakat ke Pak Anis B dan Pak Eric Tohir,” imbuh @hartini186.

Warganet juga tak ketinggalan menyampaikan keprihatinannya melihat banyak orang masih membuang sampah sembarangan.

Baca juga: Aksi Aktivis Kampanyekan Bebas Rokok di Area CFD Solo

“Sekolah sampai sarjana, buang sampah sembarangan. Oalah lur lur, kalah karo anak u sing TK besar, guwang sampah neng nggone,” komentar @mas.endar82.

“Kok dadi ngene ya solo. Biyen tertib2 wargane. Saiki kok mulai kemproh. Ayo lah semboyan kota Solo itu Berseri lho ya. Monggo buang sampah pada tempat nya,” imbuh @johannez_hartono.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya