SOLOPOS.COM - Potongan video hoaks pengidap corona ambruk di stasiun. (Suara.com)

Solopos.com, JAKARTA — Belakangan hari ini, beredar video viral yang disertai keterangan pasien virus corona (Covid-19) ambruk di Stasiun KRL Duren Kalibata, Jakarta Selatan.

Berdasarkan video yang beredar, tampak seseorang ditandu sejumlah petugas stasiun. Si perekam terdengar menyimpulkan orang yang ia rekam adalah pengidap Covid-19. "Corona ini, corona," kata orang dalam video yang dikutip Suara.com, Rabu (18/3/2020).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Hari Ini Dalam Sejarah: 18 Maret 633, Perang Riddah Berakhir

Namun, PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) membantah jika orang yang ditandu petugas sebagaimana dalam video viral itu karena positif terjangkit virus corona.

VP Corporate Communication PT KCI Anne Purba mengatakan orang yang ditandu itu hanya mengalami kelelahan. "Kelelahan. Suhu tubuh 36 derajat," kata Anne.

Tiktok Pernah Larang Wajah Miskin Tampil di Video Rekomendasi

Setelah mendapatkan pertolongan dan keadaannya mulai membaik, lanjut Anne, orang pada video viral yang sempat dituding mengidap Covid-19 tersebut kembali menaiki KRL.

Anne meminta masyarakat tak menyebarkan kepanikan dengan video yang belum jelas kepastiannya. Menurutnya, video viral itu sudah memicu kepanikan lantaran dikaitkan dengan virus corona.

Tanya Jawab Seputar Covid-19 (Bagian IV): Amankah Paket dari China?

"Bijaklah menggunakan media sosial dan memikirkan dampak sosialnya. 96 Petugas Medis KCI dengan 30 Pos kesehatan siap membantu yang membutuhkan," pungkasnya.

Video viral itu memang sudah menyebar di berbagai media sosial. Di Youtube, beberapa warganet bahkan sudah mengunggah ulang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya