Tutup
Scroll untuk melanjutkan membaca

VIDEO UNIK : Begini Bentuk Rambu Lampu Lalu Lintas di Indonesia Tahun 1920-an

SHARE
VIDEO UNIK : Begini Bentuk Rambu Lampu Lalu Lintas di Indonesia Tahun 1920-an
SOLOPOS.COM - Rambu lampu lalu lintas di Kota Bandung tahun 1920-an (Facebook)

Video unik kali ini didapat dari fanpage Facebook Indonesian History.

Solopos.com, SOLO – Sebuah video kondisi jalanan Kota Bandung tahun 1920-an beredar di Facebook. Dalam video berdurasi satu menit 15 detik itu nampak lampu lalu lintas di Indonesia sempat dioperasikan secara manual oleh manusia.

PromosiGelaran B20 di Jawa Timur Fokus pada Rantai Pasok UMKM

Dalam video yang diunggah pengelola fanpage Facebook Indonesian History, Selasa (13/12/2016), nampak rambu lampu lalu lintas dioperasikan oleh satu orang petugas. Ia memutar-mutar rambu yang dengan tulisan khusus untuk mengatur lalu lintas.

Keterangan yang ada video tersebut diambil di Kota Bandung, Jawa Barat tahun 1920-an. Tidak seperti sekarang di mana lampu lalu lintas otomatis memiliki durasi tertentu. Polisi lalu lintas dalam video tersebut mengatur durasi berhenti dan jalan sesuai kondisi jalanan. Jika dirasa lengang, sepeda dan alat transportasi lainnya segera dipersilakan lewat, begitu juga sebaliknya.

Video ini mengundang komentar dari khalayak Internet (netizen). Akun Rufus Hezron Pandjaitan mengungkapkan kekagumannya mengenai potensi sistem pengaturan lalu lintas tersebut. Menurutnya hal ini akan lebih baik mengurai kemacetan. “Durasi lampu hijau dan merah disesuaikan dengan keaadaan. Tidak seperti sekarang, durasi lampu merah dibuat lebih lama sehingga antrian kendaraan menumpuk. Sedangkan giliran lampu hijau durasinya pendek,” tegas akun Rufus Hezron Pandjaitan.

Zaman itu ada ibu-ibu yang narik-narik baju polisi gak ya?” canda akun Franz Bachruddin Wewengkang merujuk pada peristiwa viral yang belum lama ini menimpa seorang polisi lalu lintas.

Berbicara mengenai lampu lalu lintas, berdasarkan informasi yang dimuat Wikipedia, lampu lalu lintas dengan sistem dua lampu ditemukan pada 1868. Sedangkan lampu lalu lintas dengan sistem tiga lampu ditemukan pada 1920.

Penasaran seperti apa rambu lampu lalu lintas di Indonesia pada 1920-an? Tonton videonya melalui tautan di bawah ini

https://www.facebook.com/IndonesianHistoryIH/videos/541966816002249/

 



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
      Promo & Events
      Berita Terkini
      Indeks Berita
      Part of Solopos.com
      Punya akun? Silahkan login
      Daftar sekarang...
      Support - FaQ
      Privacy Policy
      Tentang Kami
      Kontak Kami
      Night Mode