Tutup
Scroll untuk melanjutkan membaca

Viaduk Gilingan Solo Dikerjakan September, Bareng Jembatan Jurug Dong!

Proyek rehab viaduk Gilingan, Solo, ternyata bakal dimulai pada September yang artinya bersamaan dengan pembongkaran Jembatan Jurug B.
SHARE
Viaduk Gilingan Solo Dikerjakan September, Bareng Jembatan Jurug Dong!
SOLOPOS.COM - KA BIAS melintas di rel atas viaduk Gilingan, Jl A Yani, Banjarsari, Solo, Rabu (8/6/20220). (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO — Pengerjaan rehab Viaduk Gilingan di Jl A Yani, Gilingan, Banjarsari, Solo, rencananya akan dimulai pada September 2022. Sejauh ini, proses yang dilakukan adalah tahap persiapan dan masih perlu evaluasi desain.

Proyek rehab viaduk itu rencananya memakan waktu enam bulan. Sebagai informasi, ketinggian Viaduk Gilingan saat ini hanya 3,4 meter. Hal ini kerap menimbulkan masalah, seprti kendaraan yang tersangkut. Selain itu, ketika hujan deras, juga kerap terjadi banjir yang membahayakan pengguna jalan.

PromosiNimo Highland, Wisata Hits di Bandung yang Mirip Santorini Yunani

Setelah jadwal dan aspek evaluasi desain sudah dilakukan, nantinya akan dikomunikasikan dengan instansi terkait, sekaligus sosialisasi kepada masyarakat. Pekerjaan rehab viaduk Gilingan Solo akan berdampak terhadap aktivitas masyarakat di Kota Solo.

Menurut Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Kegiatan Pengembangan Perkeretaapian Jawa Bagian Tengah, Dheky Martin, tahap yang dilakukan sejauh ini untuk pengerjaan viaduk Gilingan adalah evaluasi desain. Evaluasi ini untuk memastikan lagi apakah diperlukan penertiban lahan untuk pengerjaan viaduk tersebut.

“Untuk saat ini kami masih evaluasi desain dengan instansi terkait. Setelah semua aspek selesai dievaluasi, baru akan ketahuan apakah perlu penertiban lahan atau tidak. Mudah-mudahan evaluasi desain ini selesai dalam waktu dekat,” ungkapnya.

Baca Juga: Siap-Siap! Viaduk Gilingan Solo Bakal Ditutup Total Selama Proses Rehab

Mengenai pelaksanaan pengerjaan viaduk Gilingan, Dheky menyebut akan dimulai pada September. Sebelumnya, akan dilakukan sosialisasi dan akan dikoordinasikan dengan instansi terkait.

Tahapan dan Jadwal

Selain itu juga akan digelar sosialisasi mengingat viaduk Gilingan cukup padat dilewati pengguna jalan di Kota Solo. Selain itu, sosialisasi dilakukan mengingat banyaknya proyek pengerjaan yang dilakukan bersamaan di Kota Bengawan tahun ini.

“Mudah-mudahan September nanti bisa dimulai pengerjaannya, sebelumnya juga kami koordinasikan tahapan dan jadwal dengan instansi terkait maupun proyek terkait di Solo. Termasuk tahapan sosialisasi seperti di Simpang Joglo, agar semua proyek bisa berjalan dan sedikit mengurangi pengaruh pada aktivitas masyarakat,” jelasnya.

Baca Juga: Jembatan Jurug B Solo Dibongkar September 2022, Terus Mau Lewat Mana?

Seperti diketahui, ada sejumlah proyek infrastruktur jalan dan jembatan yang dikerjakan dalam waktu hampir bersamaan di Kota Solo pada tahun ini. Proyek itu antara lain pembangunan rel layang Joglo, pembongkaran dan pembangunan Jembatan Jurug B, lalu rehab Jembatan Mojo.

Jika rehab viaduk Gilingan Solo dimulai pada September, waktunya bersamaan dengan jadwal pembongkaran Jembatan Jurug B yang berdampak pada penutupan jembatan tersebut. Begitu juga dengan Jembatan Mojo yang dikerjakan pada Agustus-Oktober 2022.

Jembatan Mojo memang tidak akan ditutup total selama pengerjaan perbaikan. Namun secara keseluruhan dari berbagai proyek tersebut, dampaknya terhadap lalu lintas di Kota Solo tentu akan sangat besar.



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
      Promo & Events
      Berita Terkini
      Indeks Berita
      Part of Solopos.com
      Punya akun? Silahkan login
      Daftar sekarang...
      Support - FaQ
      Privacy Policy
      Tentang Kami
      Kontak Kami
      Night Mode