Tutup
Scroll untuk melanjutkan membaca

Viaduk Gilingan Diperbaiki, Begini Strategi Dishub Solo Atasi Macet

Dishub Solo tetap mempersiapkan sejumlah langkah dan strategi untuk mengantisipasi kemacetan lalu lintas saat perbaikan viaduk Gilingan.
SHARE
Viaduk Gilingan Diperbaiki, Begini Strategi Dishub Solo Atasi Macet
SOLOPOS.COM - KA BIAS melintas di rel atas viaduk Gilingan, Jl A Yani, Banjarsari, Solo, Rabu (8/6/20220). (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLODinas Perhubungan (Dishub) Kota Solo hingga kini masih menunggu informasi resmi dari Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah Jawa Bagian Tengah (BTP Jabagteng) mengenai penerapan sistem buka tutup Jl A Yani untuk pembangunan viaduk Gilingan.

Sesuai informasi linimasa perbaikan viaduk Gilingan, Solo, yang diperoleh Solopos.com dari BTP Jabagteng, sistem buka tutup Jl A Yani akan dimulai pertengahan Agustus 2022 hingga Februari 2023. Selanjutnya, viaduk akan ditutup total selama tiga bulan pada Februari 2023-April 2023.

PromosiGelaran B20 di Jawa Timur Fokus pada Rantai Pasok UMKM

Sambil menunggu informasi resmi, Dishub Solo tetap menyiapkan hal-hal yang diperlukan untuk antisipasi kemacetan, di antaranya petugas lapangan, kelengkapan perambuan, dan pengaturan lampu lalu lintas/traffic light/Alat Pemberi Isyarat Lalu Lintas (APILL).

Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan (Dishub) Solo, Ari Wibowo, menjelaskan teknis buka tutup Jl A Yani kawasan viaduk Gilingan mengikuti perencanaan dari BTP Jabagteng. Namun ia belum bisa memberi jawaban pasti kapan mulai sistem buka tutup jalan pada bulan ini.

“Yang pasti ada masa yang mengharuskan tutup total. Namun sebelum itu arus lalu lintas masih bisa melintas normal meski mungkin ada perlambatan karena ada kegiatan di kiri dan kanan jalan,” katanya melalui Whatsapp, Selasa (9/8/2022).

Baca Juga: Penutupan Simpang Joglo-Viaduk Gilingan Solo, Warga: Terus Lewat Mana?

Ari mengatakan akan ada petugas di lapangan dan kelengkapan perambuan, termasuk rambu penutupan jalan/rambu pengalihan arus/rambu perbaikan underpass. Selain itu, ada penyesuaian lama waktu siklus lampu lalu lintas, di antaranya APILL di Ngemplak.

Selanjutnya, kata dia, APILL simpang tiga Gilingan, simpang lima Stasiun Solo Balapan, simpang lima Banjarsari,  simpang empat Terminal Tirtonadi, dan APILL Cengklik.

Penurunan Elevasi Jalan

Sebelumnya diberitakan, pekerjaan perbaikan viaduk Gilingan di Kecamatan Banjarsari, Solo, akan dimulai Agustus 2022. Ada sistem buka tutup Jl A Yani pada Agustus 2022 sampai Februari 2023. Sedangkan penutupan total Jl A Yani dilakukan Februari 2023-April 2023.

Baca Juga: Tak Cuma Simpang Joglo, Viaduk Gilingan Solo juga Ditutup Total 3 Bulan

Data itu diperoleh Solopos.com dari dari Wali Kota Solo Gibran Rakabumin Raka dan Kepala BTP Jabagteng, Putu Sumarjaya, saat kunjungan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Simpang Joglo, Solo, Minggu (7/8/2022) siang.

Dokumen pekerjaan viaduk Gilingan itu menjelaskan pekerjaan jembatan KA BH. 314 B (Viaduct Gilingan) yang merupakan pekerjaan jalur ganda lintas Solo Balapan-Kadipiro membutuhkan waktu 6 bulan mulai Agustus 2022-Februari 2023.

Selama pekerjaan itu, Jl A Yani, Solo, akan memberlakukan sistem buka tutup. Pekerjaan dilanjutkan dengan penurunan elevasi jalan di bawah jembatan di Jl A Yani sehingga ruang bebas untuk kendaraan yang semula hanya 3,7 meter menjadi 4,2 meter.

Baca Juga: Simpang Joglo-Viaduk Gilingan Solo Tutup Total, Ini 5 Langkah Kemenhub

Dengan ketinggian itu, viaduk Gilingan, Solo, dapat dilalui bus besar yang akan menuju ke Sheikh Zayed Grand Mosque. Pekerjaan itu membutuhkan waktu selama tiga bulan dari Februari 2023 sampai April 2023. Selama pekerjaan, Jl A Yani akan ditutup total.



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
      Promo & Events
      Berita Terkini
      Indeks Berita
      Part of Solopos.com
      Punya akun? Silahkan login
      Daftar sekarang...
      Support - FaQ
      Privacy Policy
      Tentang Kami
      Kontak Kami
      Night Mode