SOLOPOS.COM - Vespa GTS Edisi 75 Tahun/vespa.com

Solopos.com, SOLO -- Tahukah sobat otomotif jika Vespa diajukan hak patennya seorang insinyur penerbangan, Corradino D'Ascanio, pada 23 April 1946. Setelah itu Vespa pun menjelma menjadi sebuah ikon sepeda motor yang turut mewarnai sejarah otomotif dunia.

Tepat pada ulang tahun ke-75 tahun ini, mengutip motorcyclenews.com, Jumat (26/3/2021), Vespa mengeluarkan edisi terbatas varian Primavera dan GTS. Namanya edisi khusus, keduanya tampil dengan livery eksklusif dan sentuhan istimewa lain.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Teknologi Italia yang sudah mendunia ini pun tak mau biasa saja menyambut umurnya yang ke-75 tahun ini. Model pertama yang akan muncul edisi khususnya adalah Vespa Primavera dengan tiga pilihan mesin bermesin 50, 125, dan 150 cc. Berikutnya adalah Vespa GTS dengan pilihan mesin 125 dan 300 cc. Perlu dicatat, keduanya mulai dijual mulai Maret 2021 dan hanya dijual terbatas khusus untuk tahun ini.

Baca Juga : Awas Jangan Tertipu Kloningan Vespa 946 Produksi Tiongkok Ini

Bodi Vespa edisi 75 tahun memakai bahan baja yang dibalut warna metalik baru Giallo ke-75. Warna ini sebagai simbol ulang dalam warna khas kontemporer mode tahun 1940-an. Namun, meski mewarisi ciri 40-an tak perlu khawatir karena sejumlah teknologi inovatif sudah terbenam yang membuat Vespa ini tampil modis.

Sebagai tanda khusus, terdapat simbol angka 75 di bagian samping dan di spakbor depan. Angka ini dibuat dengan warna lebih menonjol untuk menciptakan efek tone-on-tone.

Sedangkan bagian dasi di bagian depan berwarna keemasan doff. Jok juga didesain khusus dalam nubuck warna abu-abu smoky dengan jahitan menonjol. Tak terkecuali “lining” dasi, lambang di spakbor depan, bingkai panel instrumen, cover silincer knalpot, kaca spion tak luput dari sentuhan krom. Khusus pada varian Vespa GTS 75 tahun, footrest-nya bisa dilepas.

Baca Juga : Bio Lab Level 2, Bus Laboratorium Canggih Buatan Laksana Ungaran

Ciri khas lain edisi 75 tahun adalah tas bundar berbentuk mirip wadah roda cadangan. Tas ini terbuat dari bahan nubuck dengan warna sama dengan jok lengkap dengan strap bahu. Tas ini adalah aksesori yang bisa dibawa dan juga dipasang di bracket dengan kaver tahan air. Dan seperti pada setiap edisi khusus Vespa, pelat khusus di kaver belakang jadi ciri khas seri ini.

Vespa Primavera Edisi 75 Tahun/vespa.com
Vespa Primavera Edisi 75 Tahun/vespa.com

Teknologi instrumen digital TFT warna 4,3? juga terpasang pada Vespa 75 tahun ini. Clustermeter dapat menghubungkan smartphone pemilik dengan bantuan Bluetooth. Edisi khusu ini juga menyediakan welcome kit berisi salah satunya syal made in Italia berbahan 100% sutra. Tersedia pula buku pemilik khusus dan koleksi delapan kartu pos yang menunjukkan sejarah Vespa dengan foto bersejarahnya.

Secara umum, Vespa Primavera versi HUT ke-75 tahun tersedia dalam kapasitas 50 cc, 125 cc, dan 150 cc sedangkan yang Vespa GTS tersedia dalam versi 125 cc dan 300 cc. Sayang Piaggio Group belum membeberkan harga resmi meski keduanya sudah mulai bisa dipesan dan hadir di dealer Vespa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya