SOLOPOS.COM - Ilustrasi demam.(Freepik)

Solopos.com, SOLO-Virus Covid-19 varian Omicron telah masuk Indonesia, sebaiknya Anda juga mengenali gejala saat terinfeksi varian baru ini. Sebagaimana diketahui Kementerian Kesehatan mengumumkan varian baru ini telah terdeteksi di Indonesia pada Kamis (16/12/2021).

Berbeda dengan varian lainnya, infeksi varian Omicron diyakini tidak menunjukkan gejala hilangnya penciuman dan/atau rasa dan tidak ada kasus hidung tersumbat. Hal ini tentu berbeda dibandingkan varian Delta yang memiliki gejala hilangnya daya penciuman.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Simak 5 gejala varian Omicron yang harus Anda waspadai seperti dilansir dari Washington Post dan Bisnis.com, Kamis (16/12/2021).

1. Kelelahan

Gejala utama varian Omicron yang terlihat jelas, yaitu kelelahan atau kelelahan ekstrim. Seseorang mungkin merasa lelah, mengalami energi yang rendah dan mungkin memiliki keinginan yang kuat untuk beristirahat sehingga dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Namun, penting untuk dicatat bahwa kelelahan mungkin timbul dari alasan lain dan masalah kesehatan juga. Pastikan Anda melakukan tes untuk memastikan kondisi tubuh.

Baca Juga: Viral Acara Pengajian 40 Hari Kepergian Vanessa Angel di Rumah Nenek

2. Tenggorokan Gatal

Menurut dokter Afrika Selatan Angelique Coetzee, individu yang terinfeksi Omicron mengeluhkan tenggorokan “gatal” daripada sakit tenggorokan, yang tidak biasa. Sementara kedua gejala mungkin mirip sampai batas tertentu. Rasa gatal mungkin lebih berkorelasi dengan iritasi tenggorokan. Adapun, gejala yang terakhir lebih menyakitkan.

3. Demam Ringan

Demam ringan hingga sedang adalah salah satu tanda Covid-19 varian Omicron. Sementara demam dari jenis sebelumnya memiliki efek yang bertahan lama pada pasien, varian Omicron menginduksi suhu tubuh ringan yang menjadi lebih baik dengan sendirinya, menurut Dr. Coetzee.

Baca Juga: Ini Alasan Nia Ramadhani Mengonsumsi Narkoba

4. Keringat Malam dan Badan Pegal

Departemen Kesehatan Afrika Selatan mencatat gejala yang dialami pasien. Dokter umum Unben Pillay menyarankan bahwa keringat malam bisa menjadi gejala varian Omicron baru yang mungkin muncul di malam hari. Keringat malam terjadi ketika Anda berkeringat sangat banyak sehingga pakaian dan tempat tidur Anda menjadi basah bahkan jika Anda berbaring di tempat yang sejuk. Hal ini, menurut dokter, dapat disertai dengan gejala lain termasuk badan terasa pegal.

5. Batuk Kering

Batuk kering sangat mungkin terjadi pada orang yang terinfeksi Omicron. Kondisi terebut menjadi salah satu gejala yang paling umum pada varian sebelumnya. Batuk kering adalah saat Anda mengeluarkan suara retas untuk menghilangkan iritasi di tenggorokan atau saluran udara.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya