Tutup
Scroll untuk melanjutkan membaca

VANDALISME SOLO : Miris, 75% BCB di Solo Jadi Korban Vandalisme

SHARE
VANDALISME SOLO : Miris, 75% BCB di Solo Jadi Korban Vandalisme
SOLOPOS.COM - Ilustrasi/dok

Vandalisme Solo merusak 75% BCB yang ada di ruang publik kota Solo.

Solopos.com, SOLO — Aksi vandalisme merusak 75% bangunan cagar budaya (BCB) di ruang publik Kota Solo. Data tersebut diperoleh berdasarkan temuan Komite Peduli Cagar Budaya Nusantara (KPCBN).

PromosiBorong Penghargaan, Tokopedia Jadi Marketplace Favorit UMKM

Berdasarkan pantauan, Kamis (7/1/2016) siang, sejumlah coretan dari cat semprot merusak keindahan tembok jembatan Pasar Gede. Selain itu, bangunan Tugu Jam Pasar Gede serta tembok Pura Mangkunegaran juga tak luput dari coretan tangan dengan spidol.

Ketua Presidium KPCBN, Agus Anwari, menyebutkan aksi vandalisme BCB di ruang publik Kota Bengawan sudah masuk taraf memprihatinkan. “Saya lihat 75% sudah kena aksi vandalisme. Ini cukup memprihatinkan,” katanya saat dihubungi solopos.com, Kamis siang.

Lebih lanjut Agus mengemukakan maraknya aksi vandalisme di BCB Kota Solo merupakan efek pembiaran dari pemerintah yang tidak menindak tegas pelaku vandal. “Vandal jadi tidak jera kalau hanya dihukum membersihkan tembok saja. Saya amati, setelah dibersihkan keesokan harinya sudah muncul coretan baru. Ini berulang terus,” bebernya.

Agus menyarankan Pemerintah Kota (Pemkot) Solo mulai membawa persoalan vandalisme BCB di ruang publik ke ranah pidana.

“Harus ada efek kejut. Harapan kami ada ketegasan dari pihak berwajib untuk membawa persoalan ini ke ranah pidana. Karena payung hukumnya sudah jelas. Ada UU No. 11/2010,” tegasnya.

Agus menyayangkan kondisi BCB korban vandalisme di Kota Solo yang berada di jantung kota.

“Yang saya sayangkan, vandalisme ini dilakukan di area publik bangunan peninggalan bersejarah yang cukup mencolok di pusat kota. Selain merusak keindahan juga tidak menghargai aspek sejarah,” sesalnya.



Kata Kunci : BCB Solo Vandalisme Solo
Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
      Promo & Events
      Berita Terkini
      Indeks Berita
      Part of Solopos.com
      Punya akun? Silahkan login
      Daftar sekarang...
      Support - FaQ
      Privacy Policy
      Tentang Kami
      Kontak Kami
      Night Mode