SOLOPOS.COM - Siswa SDN Laweyan Nomor 54 dan 170 warga SD tersebut mengikuti swab antigen massal, Senin (27/9/2021).

Solopos.com, SOLO — Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAS) dengan sasaran vaksinasi campak/Measles dan Rubella (vaksin VR) untuk siswa kelas satu SD ditargetkan selesai dalam waktu sebulan ke depan.

Selain vaksin VR mereka juga disasar vaksinasi Td (Tetanus difteri). Vaksin Td menyasar siswa kelas dua dan lima SD. Jumlah SD sederajat di Kota Bengawan mencapai 266 sekolah. Pelaksanaan BIAS ini dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes) yang ketat.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo, Siti Wahyuningsih, mengatakan BIAS dilaksanakan oleh puskesmas dengan penjadwalan. Setiap puskesmas diberi kewenangan mengatur jadwal bersama sekolah.

“Pelaksanaan BIAS saat pandemi berbeda saat hari biasa. Ini adalah tahun kedua BIAS di masa Pandemi. Sekolah diminta mengatur jadwal siswanya agar bersamaan dengan jadwal mereka PTM (pembelajaran tatap muka),” terangnya kepada Solopos.com, Selasa (23/11/2021) pagi.

Baca Juga: Cegah Sejak Dini, Vaksinasi MR Lindungi Anak dari Campak & Rubella 

Ning, sapaan akrabnya, mengatakan BIAS saat pandemi memiliki sejumlah tantangan sehingga waktu pelaksanaan agak lama. Namun ia menargetkan seluruh program rampung pada bulan ini, atau sampai pekan kedua Desember.

“Ya, Puskesmas punya tugas BIAS, sementara mereka juga harus testing dan tracing, serta vaksinasi Covid-19. Makanya, mereka harus kerja ekstra. Kalau BIAS selesai tepat waktu, mereka bisa bersiap antisipasi gelombang ketiga,” papar dia.

Sama seperti tahun sebelumnya, untuk orang tua yang menolak pemberian imunisasi diminta membuat surat berikut alasannya. Sedangkan, untuk siswa yang sakit akan ditunda hingga keadaan sembuh, dan membuat perjanjian kedatangan dengan petugas untuk imunisasi BIAS di puskesmas.

Sekretaris Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Solo, Dwi Ariyatno, mengatakan sasaran BIAS tahun ini hampir 30.000-an pelajar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya