Vaksinasi Tuntas Desa di Karanganyar, 1.000 Warga Jadi Sasaran Di Tuban

Desa Tuban, Gondangrejo menjadi salah satu desa yang mengawali vaksinasi tuntas desa kerjasama Pemkab Karanganyar dan TNI AD.
Vaksinasi Tuntas Desa di Karanganyar, 1.000 Warga Jadi Sasaran Di Tuban
SOLOPOS.COM - Warga Desa Tuban menerima vaksin melalui program Vaksin Tuntas Desa di Balai Desa Tuban, Gondangrejo, Karanganyar Sabtu (25/9/2021). (Solopos.com/Candra Putra Mantovani)

Solopos.com, KARANGANYAR — Desa Tuban, Gondangrejo menjadi salah satu desa yang mengawali vaksinasi tuntas desa di Kecamatan Gondangrejo, Karanganyar bersama TNI AD di Balai Desa Tuban Sabtu (25/9/2021). Sebanyak 1.000 dosis vaksin didistribusikan pada pelaksanaan vaksinasi untuk masyarakat setempat.

Danramil 17/ Gondangrejo, Kapten Sutatna, mengatakan Desa Tuban dipilih menjadi yang pertama untuk vaksinasi tuntas desa. Lantaran Pemdes Tuban paling pertama siap melaksanakan.

Sebanyak 1.000 dosis vaksin jenis Sinovac didistribusikan untuk masyarakat usia 12 tahun ke atas. Terkait program tersebut, dia menilai animo masyarakat sangat tinggi untuk mendapatkan vaksin.

Baca juga: Belum Ada Desa Ramah Anak di Karanganyar, Jatipuro Bakal Jadi yang Pertama

“Persiapannya hanya satu hari menjelang pelaksanaan. Selain karena sudah siap secara persyaratan, kami melihat di Desa Tuban ini banyak aktivitas. Juga salah satu desa perlintasan antar kabupaten. Jadi sangat penting untuk menyelesaikan vaksinasi di desa ini,” ungkap dia ketika ditemui Solopos.com, di lokasi.

Sutatna berharap melalui vaksinasi, dapat membantu percepatan capaian vaksinasi di Karanganyar. Selain itu, dia juga berharap aktivitas masyarakat bisa segera normal kembali dengan program vaksinasi tuntas desa.

“Semoga segera normal. Kalau masyarakat sudah divaksin, setidaknya memberikan ketenangan saat beraktivitas. Tapi tetap harus prokes setelah divaksin,” imbuh dia.

Baca juga: Masuk Musim Hujan, Dropping Air Bersih di Klaten Kok Jalan Terus?

Vaksinasi Libatkan Warga Desa Tuban

Sementara itu, Kades Tuban, Aris Santoso, mengatakan vaksinasi melibatkan semua masyarakat Desa Tuban dengan usia 12 tahun ke atas. Untuk mengatasi kerumunan, vaksinasi dilakukan di Balai Desa yang terbuka dengan pengamanan dari perangkat desa, dan personel TNI.

“Jadi untuk mengantisipasi kerumunan kami sudah mempersiapkan jalur dan dijaga ketat. Jadi masyarakat yang masuk dibatasi di dalam. Saya harap dengan adanya vaksinasi ini bisa segera mempercepat capaian kekebalan bersama. Infonya juga akan dilakukan lagi bertahap [vaksinasi],” tutur dia.

Salah satu warga Desa Tuban, Yuni, mengaku senang bisa menerima vaksin saat itu. Pasalnya, sebagai wirausahawan, vaksin dinilai sangat penting baginya.

“Saya kan jualan kuliner kalau sudah divaksin lebih tenang. Baru bisa dapat hari ini [Sabtu] karena sebelumnya kalau ada pendaftaran saya selalu kehabisan kuota. Jadi senang sudah bisa divaksin hari ini,” ucap dia.

 

Berita Terkait
    Promo & Events
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago