SOLOPOS.COM - Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto berbincang dengan vaksinator dari TNI saat pelaksanaan Vaksinasi Merdeka Candi di GOR Jatidiri, Kota Semarang, Kamis (5/8/2021). (Semarangpos.com-Pendam IV Diponegoro)

Solopos.com, SEMARANG – Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto bersama Kapolri, Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo, meninjau pelaksanaan hari pertama Vaksinasi Merdeka Candi di GOR Jatidiri, Kota Semarang, Kamis (5/8/2021).

Vaksinasi itu digelar dalam rangka mempercepat herd immunity penduduk Jateng sekaligus menyambut Hari Kemerdekaan ke-76 Republik Indonesia (RI).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Panglima TNI mengatakan pelaksanaan vaksinasi merupakan strategi untuk menekan angka persebaran Covid-19, selain pola 3M dan 3T. Selain itu ada beberapa target yang telah ditetapkan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Agar herd immunity tercapai yakni menggelar vaksin dengan jumlah sasaran 1 juta orang per hari.

Baca juga: Gawat! Gaji Bintara TNI AD Disunat Pimpinan

Selain vaksin 1 juta per hari, Panglima TNI juga meminta agar pelaksanaan tracing dan testing digencarkan hingga positivity rate mencapai angka 5%, dengan harapan rasio 1:15. Selain itu, reproduksi efektif Covid-19 (Rt) di bawah angka 1 dalam kurun 14 hari.

“Apabila target itu tercapai, maka Jateng bisa tercapai herd immunity,” ujar Marsekal TNI Hadi Tjahjanto.

Panglima TNI juga menekankan kepada seluruh masyarakat untuk memiliki kesadaran kolektif dalam melaksanakan 3M dan 3T. Kedisiplinan dalam menerapkan 3M dan 3T mencapai cara ampuh mengatasi persebaran Covid-19 varian Delta yang disebut lebih ganas dari varian lain.

Baca juga: Gubernur Ganjar Jamin Stok Vaksin Jateng Ditambah Setiap Pekan

Panglima TNI Cek Vaksinasi

Sementara itu, Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo, mengatakan Vaksinasi Merdeka Candi merupakan vaksinasi massal yang digelar mulai 5-17 Agustus di seluruh wilayah Jateng. Dalam kegiatan ini, pihaknya menyediakan sekitar 608.000 dosis vaksin.

Kapolri berharap target itu bisa terpenuhi sehingga laju pertumbuhan Covid-19 bisa ditekan. Jika “Tentunya kita ingin akselerasi ini betul-betul dilaksanakan, dengan mengambil momen Hari Kemerdekaan. Harapan kami, vaksinasi kemerdekaan ini bisa membantu percepatan dalam penyelenggaraan vaksinasi,” jelas Kapolri.

Selain meninjau pelaksanaan vaksinasi di GOR Jatidiri Semarang, Panglima TNI juga menggelar video conference dengan beberapa jajaran Kodim di wilayah Kodam IV Diponegoro. Vicon tersebut membahas seputar pelaksanaan vaksin yang diterapkan aparat TNI di jajaran Kodim di wilayah Kodam IV Diponegoro.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya