SOLOPOS.COM - Bupati Karanganyar, Juliyatmono (kanan) menyapa warga yang sedang disuntik saat vaksinasi Covid-19 di malam hari, Kamis (30/9/2021) di Pendopo Rumah Dinas Bupati setempat. (Solopos.com/Akhmad Ludiyanto)

Solopos.com, KARANGANYAR — Antusiasme masyarakat Kabupaten Karanganyar untuk mengikuti vaksinasi Covid-19 di malam hari cukup tinggi. Hal ini ditunjukkan dengan jumlah peserta yang mencapai lebih dari 200 orang dalam pelaksanaan perdana, Kamis (30/9/2021) malam di Pendapa Rumah Dinas Bupati Karanganyar.

Sebagian peserta ini adalah para pekerja di sektor industri, industri rumah tangga/Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), dan lainnya yang tidak dapat meninggalkan kesibukan mereka di siang hari. Sedangkan sebagian lainnya memang belum berkesempatan mengikuti vaksinasi Covid-19.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Salah satu peserta vaksinasi, Wahyu Widodo, 28, warga Gayamdompo, Kecamatan Karanganyar Kota yang bekerja pada perusahaan vendor pelayanan air minum di Solo mengatakan setiap hari ia sibuk dengan pekerjaannya. Sehingga ia belum sempat mengikuti vaksinasi.

Baca Juga: Minat Warga Tinggi, Pemkab Karanganyar Bakal Teruskan Vaksinasi Malam

“Setiap hari [jam kerja] ada saja pekerjaan yang tidak dapat saya ditinggalkan karena berkaitan dengan pelayanan masyarakat juga. Sedangkan vaksinasi biasanya adanya pagi atau siang, jadi belum bisa ikut. Lalu saya dapat kabar dari teman ada vaksinasi malam, langsung saya datangi malam ini [Kamis] dan syaratnya juga hanya bawa KTP,” ujarnya saat ditemui Solopos.com, di sela-sela menunggu giliran suntik.

Warga lainnya, Ricky, 31, warga Tegalgede, Kecamatan Karanganyar Kota juga mengaku pada siang hari disibukkan dengan pekerjaannya sebagai programmer.

“Ini juga saya tahunya [ada vaksinasi] dadakan dan dilakukan malam hari. Langsung saja saya mendaftar. Ini kesempatan baik untuk saya. Yang [vaksinasi] siang belum sempat ikut,” ujarnya.

Baca Juga: Mobilitas Meningkat, Polres akan Batasi Kendaraan ke Tawangmangu

Sementara itu, Tutur, 43, warga Kecamatan Karanganyar Kota, mengatakan ia mengantarkan istrinya, Sukarni, untuk ikut vaksinasi di malam hari karena istrinya sibuk bekerja di siang hari. Selain itu, kesibukannya semakin bertambah karena ada tetangganya yang punya hajat sehingga ia harus ikut dengan rewangan.

“Saya sudah ikut vaksinasi, jadi saya hanya mengantar istri. Istri saya kalau siang kerja di pabrik garmen, jadi tiap hari harus masuk. Sudah begitu, tetangga kemarin-kemarin ada yang punya gawe [hajatan] sehingga harus ikut rewangan. Jadi kalau harus ikut vaksinasi siang belum bisa,” ujarnya.

Ia pun sangat bersyukur karena ada vaksinasi malam hari sehingga ia tak menyia-nyiakan kesempatan tersebut. “Vaksinasi di malam hari ini sangat membantu warga orang-orang seperti istri kami yang punya kesibukan di siang hari,” imbun Tutur.

Baca Juga: Masuk Polres Karanganyar Seperti Masuk Mal, Wajib Pakai PeduliLindungi

Sementara itu, masyarakat yang akan mengikuti vaksinasi malam hari itu sudah berdatangan ke Pendapa Rumah Dinas sejak sekitar pukul 19.00 WIB. Selanjutnya, secara tertib mereka mengikuti alur vaksinasi mulai dari pendaftaran, skrining/pemeriksaan kesehatan, penyuntikan, hingga penyerahan kartu vaksinasi Covid-19.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya