Vaksinasi Lintas Agama Sukses Dilaksanakan di Auditorium UMP

Vaksinasi massal lintas agama sukes telaksana di Auditorium Ukhuwah Islamiyah, Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), Kabupaten Banyumas.
Vaksinasi Lintas Agama Sukses Dilaksanakan di Auditorium UMP
SOLOPOS.COM - Vaksinasi massal lintas agama di Auditorium Universitas Muhammadiyah Purwokerto. (Antara)

Solopos.com, PURWOKERTO — Vaksinasi massal lintas agama sukes telaksana di Auditorium Ukhuwah Islamiyah, Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), Kabupaten Banyumas. Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengapresiasi pelaksanaan vaksinasi itu.

PromosiGeng QZRUH Dulu Anarkistis Sekarang Humanis

“Terima kasih kepada UMP yang telah menginisiasi vaksinasi bersama FKUB [Forum Kerukunan Umat Beragama]. FKUB-nya Banyumas itu keren karena ternyata sejarah FKUB memang dari Banyumas, mereka kompak, saling menghargai, saling menghormati,” katanya saat memberikan sambutan secara virtual seperti dikutip Antara, Senin (23/8/2021).

Ia mengatakan kalau kemudian tokoh-tokoh agama menjadi bagian dan selalu memberikan edukasi kepada publik, pasti tidak ada lagi orang yang menolak vaksin maupun tidak percaya terhadap Covid-19.

Baca Juga : Nakes RS Wijayakusuma Dapat Multivitamin dari KSAD

Dalam kesempatan itu, Ganjar menyinggung soal upaya pencegahan penularan Covid-19 melalui 5M yang meliputi memakai masker, mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas.

Ia mengatakan jika semuanya mengikuti apa yang diminta pemerintah, sehingga akan mudah dikontrol. Selain itu, jika semakin banyak masyarakat yang divaksin, Insya Allah vaksin tersebut akan menjadi benteng. “Saya tidak mendoakan semua kena [Covid-19]. Tapi kalaupun kena, bisa kuat, karena di dalam [tubuh] tentaranya banyak, sehingga kalau virusnya masuk, bisa dilawan,” katanya.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan, Kunta Wibawa Dasa Nugraha, mengatakan berdasarkan data hingga tanggal 20 Agustus 2021, vaksinasi dosis pertama di Indonesia sudah mencapai 57,34 juta orang atau 27,53 persen dari target, sedangkan vaksinasi dosis kedua sudah mencapai 31,6 juta orang atau 15,18 persen dari target.

Baca Juga : ABG di Banyumas Jadi Tersangka Pencabulan Anak Balita

Sedangkan Rektor UMP, Dr. Jebul Suroso, mengatakan kegiatan vaksinasi massal lintas agama merupakan kerja sama antara UMP, Muhammadiyah Covid-19 Command Center (MCCC) Pimpinan Pusat Muhammadiyah, dan Kemenkes. Pada vaksinasi tahap pertama, pihaknya menyiapkan 5.000 dosis vaksin Sinopharm dan disusul penyuntikan dosis kedua maksimal satu bulan berikutnya.


Berita Terkait
    Berita Lainnya
    Promo & Events
    Honda Motor Jateng
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago