SOLOPOS.COM - Ilustrasi vaksinasi Covid-19. (Freepik.com)

Solopos.com, BANTUL - Pemkab Bantul siap-siap lakukan vaksinasi ke kiai di pondok pesantren. Vaksinasi kepada kiai memperbanyak sasaran vaksin di kalangan pendidik.

Sekretaris Daerah, Helmi Jamharis menyampaikan vaksinasi kepada kiai pondok pesantren akan dimulai Rabu (31/3). Sebagai pendidik, kiai dinilai sering kontak langsung dengan santri maupun warga lainnya. Sebelumnya dari kalangan pendidik, guru SD di Bantul telah menerima vaksin lebih dulu sejak beberapa pekan lalu.

Promosi Championship Series, Format Aneh di Liga 1 2023/2024

"Vaksinasi kiai karena kami memandang bahwa kiai itu merupakan salah satu personil yang selalu banyak bersentuhan dengan warga masyarakat, selalu memberikan nasihat dan sebagainya. Sehingga mereka harus kita jaga imunitasnya dengan cara vaksin," jelas Helmi pada Selasa (30/3).

Ekspedisi Mudik 2024

Baca juga: Vaksinasi Covid-19 di Bantul Masih Jauh dari Target, Belum Ada Kejadian Pasca-Imunisasi

Helmi menambahkan vaksinasi pertama bagi kiai akan menyasar kiai di Pondok Pesantren Al-Munawwir Krapyak, Panggungharjo, Sewon, Bantul. "Kiai memiliki intensitas cukup tinggi seperti pamong desa dan FPRB. Sebentar lagi linmas juga akan divaksin. Linmas masih kita tunggu pendataanya untuk melakukan vaksin," ujarnya.

"Kalau tren kasusnya saat ini fluktuatif. Saya tidak mengatakan stagnan, tapi sudah mengalami banyak penurunan. Kalau dikatakan nol juga enggak, tapi mengalami penurunan," tandasnya.

Baca juga: Duh! Mudik 2021 Dilarang, Padahal sudah Ada yang Pesan Hotel di Solo untuk Lebaran

Kepala Dinas Kesehatan Bantul, Agus Budi Raharjo menuturkan pada tahap awal ini rencananya sekitar 200 kiai di pondok pesantren akan menerima vaksinasi.

"Vaksinasi di pesantren juga akan mulai jalan mulai Rabu (31/3) kita launching. Kemudian nanti tahapan berikutnya guru-guru dan sebagainya. Targetnya 200 untuk vaksinasi di pondok pesantren. Nanti kita lanjutkan dengan yang lain sambil pendataan," tukasnya.

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya