SOLOPOS.COM - Pelaksanaan vaksinasi dosis ketiga bagi nakes di RSUD Kota Madiun, Jumat (6/8/2021). (Abdul Jalil/Madiunpos.com)

Solopos.com, KULONPROGO — Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Kulonprogo urung melakukan upaya vaksinasi Covid-19 dosis ketiga kepada tenaga kesehatan (Nakes).

Dikarenakan, tempat penyimpanan atau freezer yang dipunyai oleh gugus tugas belum mampu menyimpan vaksin Moderna. Vaksin yang rencananya akan digunakan dalam vaksinasi Covid-19 dosis ketiga kepada nakes.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Kulonprogo Baning Rahayujati mengatakan vaksin Moderna yang rencananya untuk vaksinasi nakes yang ada di kabupaten Kulonprogo mempunyai perlakuan yang khusus.

“Vaksin Moderna itu harus disimpan di suhu minus 20 derajat Celcius. Jadi, memang harus dalam bentuk beku,” kata Baning pada Rabu (11/8/2021).

Ekspedisi Mudik 2024

Baca juga: 226 Ibu Hamil di Kulonprogo Terpapar Covid-19, 3 Tak Terselamatkan

Lebih lanjut terkait persiapan vaksinasi nakes, Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Kulonprogo saat ini tengah berupaya memodifikasi salah satu freezer penyimpanan vaksin. Upaya modifikasi agar freezer dapat diatur dengan suhu minus 20 derajat Celcius.

“Perlakuan vaksin Moderna memang berbeda dengan Sinovac maupun AstraZeneca ya. Kalau Sinovac dan AstraZeneca itu bisa disimpan di dalam ruang penyimpanan dengan suhu dua sampai dengan delapan derajat Celcius. Kami tidak menghendaki kualitas vaksin Moderna rusak,” kata Baning.

Selain upaya modifikasi freezer, Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Kulonprogo juga tengah menyiapkan sumber daya manusia (SDM) kesehatan untuk melakukan vaksinasi dengan vaksin merek Moderna kepada nakes.

“Setelah kita menyiapkan sarananya, SDM juga kita siapkan. Karena teknis pelaksanaan vaksinasi Covid-19 dengan vaksin Moderna sedikit berbeda ya karena beku. Vaksin Moderna ini juga rencananya diperuntukkan untuk ibu hamil,” ujar Baning.

Baca juga: Pemkab Bantul Mulai Data Yatim Piatu Korban Covid-19

Upaya Vaksinasi Nakes Kulonprogo

Selain vaksinasi kepada nakes, Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Kulonprogo terus mengebut upaya vaksinasi kepada sejumlah kelompok masyarakat. Berdasarkan catatan dari gugus tugas, angka vaksinasi Covid-19 per Selasa (10/8/2021) telah mencapai 102.169 sasaran.

Angka tersebut dari target sasaran vaksinasi Covid-19 di kabupaten Kulonprogo yang mencapai 376.100 sasaran. Sementara itu, Pelaksana Harian Sekda Kulonprogo Bambang Tri Budi Harsono mengatakan pemerintah kabupaten Kulonprogo terus melakukan upaya percepatan vaksinasi Covid-19.

“Salah satu upaya strategi percepatan vaksinasi di Kulonprogo, yakni pelaksanaan vaksinasi selain 21 puskesmas yang tersebar di 12 kecamatan, juga melibatkan 13 klinik swasta yang ada di Kulonprogo,” kata Bambang Tri.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya