Vaksinasi Covid-19 Untuk Lansia di Grobogan Terus Dikebut

Tak hanya melalui fasilitas kesehatan (faskes), lokasi vaksinasi pun memanfaatkan rumah warga agar mudah dijangkau lansia.
SHARE
Vaksinasi Covid-19 Untuk Lansia di Grobogan Terus Dikebut
SOLOPOS.COM - Kapolres Grobogan AKBP Jury Leonard Siahaan (kanan) didampingi Kepala Pelaksana Harian BPBD Grobogan, Endang Sulistyoningsih (kedua dari kanan) meninjau pelaksanaan vaksinasi Covid-19 untuk lansia di Desa Menduran, Kecamatan Brati, Kamis (3/6/2021). (Solopos.com/Arif Fajar Setiadi)

Solopos.com, PURWODADI -- Pemkab Grobogan terus melakulan vaksinasi Covid-19 untuk warga lanjut usia (Lansia). Tak hanya melalui fasilitas kesehatan (faskes), lokasi vaksinasi pun memanfaatkan rumah warga agar mudah dijangkau lansia.

Pelaksanaan vaksinasi pun mendapat perhatian dari Kapolres Grobogan AKBP Jury Leonard Siahaan yang memantau langsung pelaksanaannya. Ada dua tempat yang ditinjau, Kamis (3/6/2021). Yakni Puskesmas Purwodadi 1 dan rumah Sujiman, warga Desa Menduran, Kecamatan Brati.

PromosiTop! Bos Tokopedia Masuk List Most Extraordinary Women Business Leader

Saat meninjau vaksinasi lansia, Kapolres Didampingi Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Grobogan dr. Slamet Widodo, Kepala Pelaksana Harian BPBD Grobogan Endang Sulistyoningsih. Juga Kapolsek Purwodadi AKP Saptono Widyo.

Baca juga: Banyak Nakes Positif Covid-19, Pemprov Jateng Kirim 48 Perawat ke Kudus

Hingga saat ini menurut Kepala Dinkes Slamet Widodo, capaian vaksinasi lansia di Grobogan baru mencapai 24 persen dari 118.000 orang atau sekitar 16.520 orang. Sedangkan secara keseluruhan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 telah menyasar 56.000 warga Kabupaten Grobogan.

"Untuk itu kami terus melakukan upaya agar capaian vaksin untuk lansia bisa terus meningkat. Dengan menfaatkan 40 fasilitas kesehatan yang ada dan mendekatkan lokasi vaksin," jelas Slamet.

Selain menyasar lansia, vaksinasi juga ditujukan kepada tenaga pengajar, pelayan publik di Kabupaten Grobogan. Pasokan vaksin yang diterima Dinkes juga langsung didistribusikan ke fasilitas kesehatan yang ada.

Baca juga: Sekjen Kemenkes Sebut Capaian Vaksinasi Lansia Masih Rendah

Percepatan Vaksinasi

Sementara Bupati Grobogan Sri Sumarni mengatakan pelaksanaan vaksinasi tahap 1 dan tahap 2 sudah selesai. "Kemudian saat ini kita lanjutkan tahap 3 dengan sasaran vaksinasi untuk lansia dan tenaga pengajar atau guru di Grobogan," jelas Bupati.

Untuk itu Pemkab Grobogan berharap pasokan vaksin Covid-19 dari Kementerian Kesehatan untuk kebutuhan tersebut bisa terus berlanjut. Mengingat sasaran vaksin lansia dan guru jumlahnya cukup banyak.

"Apalagi saat Gebyar Vaksin Lansia di Grobogan, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menginginkan percepatan vaksinasi untuk lansia. Dikebut agar bisa mencapai 100 persen," tambah Bupati.

Baca juga: Studi di Tiongkok, 22 Mahasiswa Salatiga Jadi Sasaran Vaksinasi Massal

Sedangkan Kapolres Grobogan AKBP Jury Leonard Siahaan monitoring dilaksanakan agar upaya percepatan vaksinasi lansia bisa berjalan dengan baik. Apalagi ini sebagai upaya meningkatkan kekebalan tubuh bagi lansia yang tergolong rentan terpapar virus corona (Covid-19).

"Walaupun sudah divaksin, masyarakat harus tetap menjalankan protokol kesehatan dengan menerapkan 5M, yaitu dengan menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan serta mengurangi mobilitas," imbuh Kapolres.

 



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
Promo & Events
Berita Terkini
Indeks Berita

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago