SOLOPOS.COM - Unsur Forkopimda Sukoharjo memantau penyuntikan vaksin bagi ibu hamil di aula RSUD Ir Soekarno Sukoharjo, Kamis (19/8/2021). (Solopos-R. Bony Eko Wicaksono)

Solopos.com, SUKOHARJO – Kabupaten Sukoharjo ditunjuk sebagai daerah pencanangan vaksinasi Covid-19 bagi ibu hamil di wilayah Soloraya. Acara seremoni pencanangan vaksinasi bagi ibu hamil dilaksanakan di aula RSUD Ir. Soekarno Sukoharjo, Kamis (19/8/2021).

Acara itu dihadiri Direktur Kesehatan Keluarga Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Erna Mulati, Ketua Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI) Cabang Solo, Supriyadi Hari Respati, dan unsur forum komunikasi pimpinan daerah (Forkopimda) Sukoharjo.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ketua Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI) Cabang Solo, Supriyadi Hari Respati, mengatakan risiko ibu hamil yang terinfeksi virus tiga kali lebih berat dibanding kelompok masyarakat lain yang berpotensi berujung pada kematian.

Baca juga: Prokes 26 Pasar Tradisional Sukoharjo Diperketat, Ada Apa Ya?

Ekspedisi Mudik 2024

Karena itu, pengurus POGI mendorong agar para ibu hamil menerima vaksin sebagai upaya perlindungan dari paparan virus.

“Apabila ibu hamil terinfeksi Covid-19 bisa meningkatkan angka kematian. Kami memiliki tanggung jawab moral untuk mempercepat vaksinasi bagi ibu hamil,” kata dia, Kamis.

Berharap Tak Ada Kendala

Vaksinasi bagi ibu hamil dilaksanakan secara serentak di Indonesia. Di wilayah Sukoharjo, target sasaran vaksinasi ibu hamil yang tersebar di 12 kecamatan sebanyak 2.300 orang.

Baca juga: Bupati Sukoharjo Heran, Kasus Covid-19 dan BOR Sudah Turun Tapi PPKM Masih Level 4

Mereka bakal diberi vaksin di fasilitas kesehatan (faskes) yang mudah dijangkau dari rumah seperti puskesmas. Supriyadi menargetkan vaksinasi bagi ibu hamil rampung pada Oktober mendatang.

“Vaksinasi bagi ibu hamil ditarget selama tiga bulan. Jadi mudah-mudahan rampung pada Oktober. Mudah-mudahan tidak ada kendala pasokan vaksin di Sukoharjo,” ujar dia.

Direktur Kesehatan Keluarga Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Erna Mulati, mengatakan peran ibu hamil cukup krusial. Selain menjadi kelompok masyarakat berisiko tinggi terpapar Covid-19, mereka juga dituntut untuk berbelanja kebutuhan pokok demi pemenuhan gizi anggota keluarga di rumah.

Baca juga: Sukoharjo Masih PPKM Level 4, Mal hingga Tempat Hiburan Kapan Boleh Buka?

Kemenkes telah menerbit surat keputusan yang berisi vaksinasi bagi ibu hamil di tengah pandemi Covid-19 pada 3 Agustus.

“Hal ini wujud komitmen pemerintah terhadap kesehatan para ibu hamil. Tak hanya melindungi ibu hamil melainkan janin di dalam kandungan hingga proses melahirkan,” papar Erna.

Bupati Sukoharjo, Etik Suryani, menyatakan jumlah ibu hamil yang disuntik vaksin sebanyak 200 orang. Mereka disuntik vaksin di tiga lokasi yakni RSUD Ir Soekarno, Puskesmas Sukoharjo, dan Puskesmas Bendosari.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya