SOLOPOS.COM - Petugas menata vaksin Covid-19 untuk dosis kedua pada cool box saat tiba di UPT Instalasi Farmasi Dinas Kesehatan Kota (DKK), Solo, Selasa (26/1/2021). (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO -- Kinerja jajaran Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Solo dalam program vaksinasi Covid-19 tahap I yang mendapat apresiasi positif dari Komisi IV DPRD Solo.

Apresiasi itu terkait penilaian dari Kementerian Kesehatan yang menyebut vaksinasi tahap I Covid-19 yang menyasar tenaga kesehatan (nakes) Kota Solo menjadi yang tercepat secara nasional.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Hingga Senin (25/1/2021), capaian vaksinasi nakes Solo mencapai 76 persen. Dari 9.491 nakes yang sudah teregistrasi, sebanyak 8.403 nakes sudah datang ke fasilitas layanan kesehatan.

Baca Juga: Selain Timpa Mobil, Pohon Tumbang Di Kabangan Solo Rusak Atap Rumah Warga

Dari jumlah itu 7.213 nakes sudah disuntik vaksin, 465 nakes ditunda, dan sisanya batal divaksin. Saat ini, DKK Solo tengah menyiapkan vaksinasi dosis kedua yang rencananya dimulai Kamis (28/1/2021).

"Harapan saya vaksinasi dosis II juga bisa berjalan lancar. Setelah itu dilanjutkan vaksinasi Covid-19 bagi tenaga pendidik atau guru," ujar anggota Komisi IV DPRD Solo, Asih Sunjoto Putro, Rabu (27/1/2021).

Politikus PKS itu mengakui DKK Solo mempunyai persiapan yang sangat matang sebelum program vaksinasi Covid-19 berjalan. Hal itu terlihat ketika Komisi IV DPRD Solo melakukan rakor dengan mereka.

Baca Juga: ASN Karanganyar Ditemukan Meninggal Gantung Diri Di Rumahnya

Game Changer

Para wakil rakyat juga memantau langsung pelaksanaan vaksinasi dosis I di RSUD Bung Karno Solo. Penuturan senada disampaikan Antonius Yogo Prabowo, anggota Komisi IV DPRD Solo dari PSI.

Legislator dari Dapil V Solo itu berharap vaksinasi dosis II bagi nakes bisa sesuai jadwal. "Setelah itu tentu akan berlanjut bagi kelompok masyarakat yang lain. Vaksinasi adalah game changer dalam situasi ini," katanya.

Baca Juga: Terungkap, Ini Identitas Pengendara Motor Meninggal Tertimpa Pohon Tumbang di Sragen

Sebelumnya, vaksin Covid-19 untuk dosis kedua sudah sampai Solo pada Selasa (26/1/2021). Pemkot Solo menerima total ada 11.500 vial vaksin Sinovac pada pemberian dosis kedua ini.

Pada dosis pertama sebelumnya, total Solo menerima vaksin Covid-19 sebanyak 10.620 vial. Ada tambahan 880 vial pada dosis kedua ini untuk 425 tenaga kesehatan yang belum dihitung sebelumnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya