SOLOPOS.COM - Kabag Pemerintahan Setda Karanganyar, Nur Aini Farida, (dua dari kiri), berfoto bersama staf seusai mendapatkan vaksin Covid-19 di RSUD Karanganyar, Kamis (15/4/2021). (Istimewa/Dok. Nur Aini Farida)

Solopos.com, KARANGANYAR — Pemkab Karanganyar melaksanakan vaksinasi Covid-19 pada pagi hari selama Ramadan. Kebijakan itu diambil dengan memperhatikan animo masyarakat mengikuti vaksinasi pada hari pertama dan kedua puasa Ramadan atau Selasa (13/4/2021) dan Rabu (14/4/2021).

Plt Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Karanganyar, Purwati, menuturkan animo masyarakat mengikuti vaksinasi Covid-19 masih sama seperti sebelum Ramadan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Pada hari pertama puasa itu 1.970 dosis disuntikkan. Lalu pada hari kedua puasa itu 1.573 dosis. Masih banyak. Sebelum puasa juga sekitar itu, 2.000an ya. Jadi, kami masih menjadwalkan vaksinasi pada pagi hari,” kata Purwati saat berbincang dengan wartawan, Kamis (15/4/2021).

Baca juga: Stok Vaksin Covid-19 di Karanganyar Menipis, Begini Langkah Dinkes

Ekspedisi Mudik 2024

Selain pertimbangan itu, Dinkes Karanganyar juga mencatat sejumlah fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes) yang mendapat izin melaksanakan vaksinasi Covid-19 meminta tambahan pasokan vaksin Covid-19 jenis Sinovac.

“Antusiasme masyarakat masih sama untuk vaksin. Fasyankes yang minta vaksin masih ada kan berarti antusiasme masih sama. Jadi, puasa ini tidak berpengaruh. Kami tetap menyelenggarakan vaksinasi pagi hari,” ujar dia.

Lagipula, lanjut Purwati, MUI sudah menyampaikan bahwa mengikuti vaksinasi Covid-19 tidak membatalkan puasa. Meski demikian, Purwati menyampaikan Dinkes Karanganyar akan tetap melakukan evaluasi pelaksanaan vaksinasi Covid-19 selama puasa Ramadan.

Baca juga: Pemudik ke Karanganyar Wajib Bawa Surat Bebas Covid-19

Pantauan Solopos.com, Kepala Bagian (Kabag) Pemerintahan Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Karanganyar, Nur Aini Farida, mengikuti vaksinasi pada Kamis. Dia mengunggah momen saat mengantre dan berada di ruangan vaksinasi melalui status WhatsApp.

Selain Farida, sejumlah staf Bagian Pemerintahan dan Bagian Perekonomian dan Sumber Daya Alam (SDA) Setda Karanganyar juga mendapatkan vaksin Covid-19 pada hari yang sama.

“Kami puasa. Padahal saat vaksin pertama itu efeknya lapar,” ujar Farida tersenyum.

Baca juga: Kodim Karanganyar Gandeng Yukata Bagikan Sembako dan Kasur untuk Veteran

Saat ini, Dinkes Karanganyar masih fokus menyelesaikan vaksinasi dosis kedua Covid-19. Sasaran vaksinasi adalah lanjut usia dan pelayan publik. Meski demikian, Dinkes Karanganyar meminta masyarakat bersabar karena keterbatasan jumlah vaksin yang didistribusikan ke daerah.

"Belum semua bisa mendapatkan vaksin. Beberapa mengirim pesan kepada saya bertanya kapan vaksin tahap satu. Beliau lansia. Kami jelaskan bahwa jumlah vaksin terbatas sehingga kami fokus menyelesaikan dosis kedua dahulu," ujar Purwati.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya