[x] close
Vaksinasi Covid-19 Selama Ramadan di Karanganyar Tetap Pagi Hari
Solopos.com|soloraya

Vaksinasi Covid-19 Selama Ramadan di Karanganyar Tetap Pagi Hari

Dinkes Karanganyar akan tetap melakukan evaluasi pelaksanaan vaksinasi Covid-19 selama puasa Ramadan.

Solopos.com, KARANGANYAR — Pemkab Karanganyar melaksanakan vaksinasi Covid-19 pada pagi hari selama Ramadan. Kebijakan itu diambil dengan memperhatikan animo masyarakat mengikuti vaksinasi pada hari pertama dan kedua puasa Ramadan atau Selasa (13/4/2021) dan Rabu (14/4/2021).

Plt Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Karanganyar, Purwati, menuturkan animo masyarakat mengikuti vaksinasi Covid-19 masih sama seperti sebelum Ramadan.

“Pada hari pertama puasa itu 1.970 dosis disuntikkan. Lalu pada hari kedua puasa itu 1.573 dosis. Masih banyak. Sebelum puasa juga sekitar itu, 2.000an ya. Jadi, kami masih menjadwalkan vaksinasi pada pagi hari,” kata Purwati saat berbincang dengan wartawan, Kamis (15/4/2021).

Baca juga: Stok Vaksin Covid-19 di Karanganyar Menipis, Begini Langkah Dinkes

Selain pertimbangan itu, Dinkes Karanganyar juga mencatat sejumlah fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes) yang mendapat izin melaksanakan vaksinasi Covid-19 meminta tambahan pasokan vaksin Covid-19 jenis Sinovac.

“Antusiasme masyarakat masih sama untuk vaksin. Fasyankes yang minta vaksin masih ada kan berarti antusiasme masih sama. Jadi, puasa ini tidak berpengaruh. Kami tetap menyelenggarakan vaksinasi pagi hari,” ujar dia.

Lagipula, lanjut Purwati, MUI sudah menyampaikan bahwa mengikuti vaksinasi Covid-19 tidak membatalkan puasa. Meski demikian, Purwati menyampaikan Dinkes Karanganyar akan tetap melakukan evaluasi pelaksanaan vaksinasi Covid-19 selama puasa Ramadan.

Baca juga: Pemudik ke Karanganyar Wajib Bawa Surat Bebas Covid-19

Pantauan Solopos.com, Kepala Bagian (Kabag) Pemerintahan Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Karanganyar, Nur Aini Farida, mengikuti vaksinasi pada Kamis. Dia mengunggah momen saat mengantre dan berada di ruangan vaksinasi melalui status WhatsApp.

Selain Farida, sejumlah staf Bagian Pemerintahan dan Bagian Perekonomian dan Sumber Daya Alam (SDA) Setda Karanganyar juga mendapatkan vaksin Covid-19 pada hari yang sama.

“Kami puasa. Padahal saat vaksin pertama itu efeknya lapar,” ujar Farida tersenyum.

Baca juga: Kodim Karanganyar Gandeng Yukata Bagikan Sembako dan Kasur untuk Veteran

Saat ini, Dinkes Karanganyar masih fokus menyelesaikan vaksinasi dosis kedua Covid-19. Sasaran vaksinasi adalah lanjut usia dan pelayan publik. Meski demikian, Dinkes Karanganyar meminta masyarakat bersabar karena keterbatasan jumlah vaksin yang didistribusikan ke daerah.

"Belum semua bisa mendapatkan vaksin. Beberapa mengirim pesan kepada saya bertanya kapan vaksin tahap satu. Beliau lansia. Kami jelaskan bahwa jumlah vaksin terbatas sehingga kami fokus menyelesaikan dosis kedua dahulu," ujar Purwati.



Berita Terkait
Indeks Berita
Promo & Events
Terpopuler

Espos Premium
Berita Terkini
Indeks

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago