SOLOPOS.COM - Upaya vaksinasi Covid-19 yang dilakukan oleh BIN Kulonprogo juga menyasar pelaku seni Jathilan di wilayah kalurahan Cerme, Kapanewon (Kecamatan) Panjatan, Kulonprogo pada Kamis (9/12/2021).(Harian Jogja/Hafit Yudi Suprobo)

Solopos.com, KULONPROGO — Tidak hanya lansia, penyandang disabilitas, dan orang dengan gangguan jiwa (ODGJ), upaya vaksinasi Covid-19 yang dilakukan oleh BIN Kulonprogo juga menyasar pelaku seni Jathilan di wilayah Kalurahan Cerme, Kapanewon (Kecamatan) Panjatan, Kulonprogo.

Koordinator Vaksinasi Covid-19 BIN Kulonprogo, Wuri Atmaja, mengatakan kegiatan vaksinasi Covid-19 yang dilaksanakan di Kalurahan (Kelurahan) Cerme, Kapanewon Panjatan, Kulonprogo pada Kamis (9/12/2021) bekerjasama dengan Puskesmas Panjatan I.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Untuk di Kalurahan Cerme sasarannya sekitar 150 dosis tahap pertama dan 240 dosis tahap kedua. Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 bekerjasama dengan Puskesmas Panjatan I. Kami menyasar lansia dan pelaku seni yang belum mendapatkan vaksinasi Covid-19,” kata Wuri pada Kamis (9/12/2021).

Baca juga: Sip, PT Angkasa Pura I Pengelola Bandara YIA Bayar Pajak Tepat Waktu

Dikatakan Wuri, upaya vaksinasi kepada pelaku seni jathilan di Kalurahan Cerme, Panjatan, merupakan langkah BIN Kulonprogo untuk mendorong terciptanya kekebalan kelompok atau herd immunity.

“Selain itu, kita juga mendorong agar capaian vaksinasi Covid-19 di Kulonprogo pada akhir tahun nanti mampu mencapai 100 persen. Kita terus mendorong masyarakat agar terus menerapkan protokol Covid-19 untuk mengantisipasi varian baru seperti Omicron,” kata Wuri.

Baca juga: Vaksinasi Covid-19 di Kulonprogo Sasar Warga di Daerah Rawan Bencana

Sementara itu, Dukuh (Kadus) VIII, kalurahan Cerme, Panjatan, Suyanto, mengatakan upaya BIN Kulonprogo melakukan vaksinasi Covid-19 selaras dengan upaya pedukuhan. Yakni dalam mendorong capaian vaksinasi Covid-19 di wilayah setempat.

“Ketika pelaku seni Jathilan ini ikut menerima vaksin Covid-19, otomatis kan pagelaran bisa digelar kembali ya. Pelaku seni Jathilan di wilayah kami sekitar 25 orang. Wilayah kami capaian vaksinasi Covid-19 sudah mencapai di atas 80 persen,” terang Suyanto.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya