Vaksinasi Covid-19 di Kulonprogo Sasar Warga di Daerah Rawan Bencana

Lansia di daerah rawan bencana Kulonprogo menjadi sasaran vaksinasi Covid-19 oleh Badan Intelijen Negara (BIN).
SHARE
Vaksinasi Covid-19 di Kulonprogo Sasar Warga di Daerah Rawan Bencana
SOLOPOS.COM - Sejumlah warga pedukuhan 12 Krembangan, kapanewon Panjatan, Kulonprogo, saat mengikuti kegiatan vaksinasi Covid-19 pada Selasa (7/12/2021). (Harian Jogja/Hafit Yudi Suprobo)

Solopos.com, KULONPROGO — Lansia di wilayah rawan bencana Kalurahan (Kelurahan) Krembangan, Kapanewon (Kecamatan) Panjatan, Kulonprogo menjadi sasarn vaksinasi Covid-19 yang digelar oleh Badan Intelijen Negara (BIN) Kulonprogo, Selasa (7/12/2021). Sasarannya adalah lansia yang belum menerima vaksin Covid-19.

Koordinator Vaksinasi Covid-19 BIN Kulonprogo, Muhammad Iqbal, mengatakan sasaran vaksin di wilayah kapanewon Panjatan sendiri terdiri dari 200 orang dan didominasi oleh lansia. BIN Kulonprogo menilai kelompok lansia di wilayah Kulonprogo tidak sedikit yang belum menerima vaksinasi Covid-19.

PromosiTop! Bos Tokopedia Masuk List Most Extraordinary Women Business Leader

“Vaksinasi Covid-19 di wilayah rawan bencana ini sesuai dengan instruksi Presiden RI yang disampaikan oleh Kepala BIN RI. Kelompok lansia menjadi sasaran utama kami,” ujar Muhammad Iqbal di salah satu rumah warga di Krembangan, Panjatan, Kulonprogo, Selasa (7/12).

Baca juga: Sukarelawan Covid-19 di Jogja Mulai Dapatkan Vaksin Booster

Dikatakan Iqbal, vaksinasi Covid-19 yang dilaksanakan Selasa (7/12) tidak hanya dilaksanakan di kantor Kelurahan Krembangan. Tetapi juga dilakukan secara door to door. Khususnya, warga lansia yang kesulitan mengakses tempat vaksinasi Covid-19.

“Selain upaya vaksinasi Covid-19 yang kami sentralkan di kantor Kelurahan Krembangan. Juga jemput bola di sejumlah pedukuhan yang ada di Krembangan. Warga cukup antusias dalam mengikuti kegiatan vaksinasi Covid-19 dari BIN,” terang Iqbal.

Vaksinasi Covid-19 dosis pertama di wilayah Kulonprogo sudah mencapai 86,4 persen atau sekitar 296.078 dari target sasaran 342.720. Upaya vaksinasi Covid-19 dilakukan untuk percepatan kekebalan kelompok atau herd immunity di wilayah bumi binangun.

Baca juga: Kencan Daring, Eh Perempuan Kulonprogo Malah Jadi Korban Penipuan

“Selain itu upaya vaksinasi Covid-19 juga dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya penularan varian baru seperti Omicron. Masyarakat kami imbau tidak euforia dalam menyambut libur Natal dan Tahun Baru di Kulonprogo,” ujar Iqbal.

Dikonfirmasi terpisah, Dukuh (Kadus) 12 Krembangan, Kapanewon Panjatan, Kulonprogo, Wahudi, mengatakan vaksinasi Covid-19 oleh BIN Kulonprogo cukup membantu warga dalam mendapatkan vaksinasi Covid-19.

“Tentunya vaksinasi Covid-19 yang dilaksanakan oleh BIN Kulonprogo bisa memberikan warga kekebalan tubuh dari potensi paparan Covid-19,” kata Wahudi.

 

 



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
Promo & Events
Berita Terkini
Indeks Berita

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago