Vaksinasi Covid-19 di Klaten Ditarget 70 Persen hingga Akhir Tahun

Pemkab Klaten mematok capaian vaksinasi Covid-19 di daerah setempat mampu menembus angka minimal 70 persen hingga akhir tahun 2021.
Vaksinasi Covid-19 di Klaten Ditarget 70 Persen hingga Akhir Tahun
SOLOPOS.COM - Ilustrasi vaksinasi (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, KLATEN — Pemkab Klaten mematok capaian vaksinasi Covid-19 di daerah setempat mampu menembus angka minimal 70 persen hingga akhir tahun 2021. Sesuai rencana, jumlah penduduk di Klaten yang akan divaksinasi mencapai 1.006.500 orang.

Demikian penjelasan Wakil Bupati (Wabup) Klaten, Yoga Hardaya, saat ditemui wartawan di Sidowayah, Kecamatan Polanharjo, Jumat (24/9/2021). Hingga sekarang, capaian vaksinasi di Klaten sudah mencapai kurang lebih 50 persen dari total sasaran.

“Capaian vaksinasi di Klaten saat sekarang tergolong paling tinggi di Jateng,” kata Yoga Hardaya.

Baca Juga: Anggota DPRD Klaten Kerja Maraton di Tengah Pandemi Covid-19

Prioritas Vaksinasi

Yoga Hardaya mengatakan serbuan vaksinasi akan terus dilakukan di waktu mendatang. Selain mengoptimalkan tenaga kesehatan (nakes) di Dinas Kesehatan (Dinkes) Klaten, serbuan vaksinasi juga dilakukan instansi lain, seperti jajaran Polres Klaten dan Kodim Klaten.

“Stok vaksinasi di Klaten sudah terjamin. Melalui vaksinasi, semoga kekebalan tubuh di masyarakat dapat terbentuk dengan baik. Meski vaksinasi dilakukan secara gencar, protokol kesehatan (prokes) harus tetap ditaati,” katanya.

Tim Ahli Satgas PP Covid-19 Klaten, Ronny Roekmito, mengatakan vaksinasi di Kabupaten Bersinar mulai menyasar ke kalangan pelajar (usia 12 tahun-17 tahun).

Satgas PP Covid-19 Klaten mematok target dapat merampungkan vaksinasi Covid-19 ke 112.277 pelajar di Kabupaten Bersinar, paling cepat hingga akhir bulan mendatang. Dari jumlah tersebut, sebanyak 31.020 pelajar sudah menjalani vaksinasi dalam beberapa waktu terakhir. “Pelajar menjadi prioritas vaksinasi [di tengah berlangsungnya pembelajaran tatap muka (PTM)],” katanya.

Baca Juga: 100 Ojol Dikerahkan Antar 1.000 Paket Apam Yaa Qowiyyu di Jatinom Klaten

Koordinator Penanganan Kesehatan Satgas Covid-19 Klaten, Cahyono Widodo, mengatakan di Kabupaten Bersinar masih terdapat enam kasus Covid-19 dalam sehari, Sabtu (25/9/2021). Di sisi lain, terdapat delapan pasien Covid-19 yang dinyatakan telah sembuh dan penambahan dua kasus kematian karena virus corona.

“Jumlah kasus kumulatif Covid-19 di Klaten mencapai 34.633 kasus. Sebanyak 56 orang menjalani perawatan/isolasi. Sebanyak 31.670 orang dinyatakan sembuh. Sebanyak 2.907 orang telah meninggal dunia,” kata Cahyono Widodo.

Berita Terkait
    Promo & Events
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago