SOLOPOS.COM - Ketua Satgas PP Covid-19 Kebonarum sekaligus Camat Kebonarum, Mudzakir (tengah) didampingi kapolsek Kebonarum dan kepala Puskesmas Kebonarum saat menunjukkan piagam penghargaan di Mapolres Klaten, Jumat (1/10/2021). Capaian vaksinasi Covid-19 di Kebonarum paling tinggi di Klaten, yakni menembus angka 96 persen.

Solopos.com, KLATEN—Pencapaian vaksinasi Covid-19 di Kecamatan Kebonarum, Klaten, dinilai paling tinggi di Kabupaten Bersinar, yakni mencapai 96 persen hingga, Jumat (1/10/2021). Meski seperti itu, Satgas PP Covid-19 masih belum puas dan ingin terus meningkatkan pencapaian vaksinasi Covid-19 di waktu mendatang.

Ketua Satgas PP Covid-19 Kebonarum sekaligus Camat Kebonarum, Mudzakir, mengatakan jumlah warga yang disasar vaksinasi di wilayahnya mencapai 14.355 orang. Hingga sekarang, masih ada 541 orang yang belum divaksinasi Covid-19.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Penyebab belum divaksinasi 541 orang itu karena komorbid, tak lolos screening, dan belum sadar manfaat vaksinasi. Di Kebonarum terdapat tujuh desa, yakni Basin, Gondang, Karangduren, Malangjiwan, Menden, Ngrundul, Pluneng.

Baca Juga: GOR Gelarsena Klaten Tak Bisa untuk Olahraga Meski Nihil Pasien Isolasi

“Capaian vaksinasi di Kebonarum bisa tinggi karena beberapa hal. Di antaranya serbuan vaksinasi yang dilakukan tiga pilar (Polres, Kodim, dan Pemkab). Lalu kami lakukan pendekatan ke warga dengan menyisir yang belum divaksinasi. Terakhir melakukan door to door ke warga. Dengan demikian percepatan vaksinasi dapat berlangsung lancar. Ke depan, kami akan terus meningkatkan capaian vaksinasi ini,” kata Mudzakir, saat ditemui Solopos.com di Mapolres Klaten, Jumat (1/10/2021).

Mudzakir mengatakan sosialisasi ke warga akan terus digencarkan untuk mempercepat serbuan vaksinasi Covid-19 di Kebonarum. Di samping itu juga memantau ke warga yang masih memiliki komorbid.

“Edukasi ke warga tetap jalan. Protokol kesehatan (prokes) harus tetap ditaati,” katanya.

Baca Juga: Kemarau Basah, Status Darurat Kekeringan di Boyolali Dievaluasi

Hal senada dijelaskan Kepala Puskesmas Kebonarum, Mutmainah. Diharapkan, warga yang masih sakit/komorbid segera sembuh agar dapat mengikuti vaksinasi Covid-19.

“Di tempat kami sudah ada pos pembinaan terpadu [Pos Bindu]. Mereka yang sakit/komorbid kami kumpulkan, kami awasi, dan diobati. Agar nantinya, capaian vaksinasi bisa lebih dari 96 persen,” katanya.

Wakapolres Klaten, Kompol Adi Nugroho, mewakili Kapolres Klaten, AKBP Eko Prasetyo, mengatakan pencapaian vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Bersinar mencapai 61,8 persen. Sejauh ini, serbuan vaksinasi Covid-19 akan terus ditingkatkan di setiap daerah di Klaten.

Baca Juga: Alhamdulillah, GOR Gelarsena Klaten Kini Tanpa Pasien Isolasi

“Semoga dalam pekan-pekan ini bisa mencapai 70 persen [capaian vaksinasi Covid-19],” katanya.
Koordinator Penanganan Kesehatan Satgas PP Covid-19 Klaten, Cahyono Widodo, mengatakan di Kabupaten Bersinar masih terdapat penambahan delapan kasus Covid-19 dalam sehari, Kamis (30/9/2021). Di samping itu terdapat tujuh warga yang dinyatakan sudah sembuh dari Covid-19.
“Jumlah kasus kumulatif Covid-19 di Klaten mencapai 34.673 kasus. Sebanyak 54 orang menjalani perawatan/isolasi. Sebanyak 31.707 orang dinyatakan sembuh. Sebanyak 2.911 orang telah meninggal dunia,” kata Cahyono Widodo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya