SOLOPOS.COM - Kadinkes Jateng, Yulianto Prabowo, saat menggelar jumpa pers secara daring, Rabu (27/1/2021). (Semarangpos.com/Imam Yuda S.)

Solopos.com, SEMARANG – Kota Solo menjadi daerah di Jawa Tengah yang paling giat menggelar vaksinasi Covid-19 tahap satu. Sementara itu, Kabupaten Brebes menjadi daerah paling rendah tingkat vaksinasi di Jateng.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Jateng, Yulianto Prabowo, mengatakan dari 35 kabupaten/kota yang telah menggelar vaksinasi tahap pertama, Kota Solo menjadi yang tertinggi.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Bahkan, tingkat vaksinasi Covid-19 di Kota Solo tidak hanya tertinggi se-Jateng, tapi juga nomor satu di antara 92 kabupaten/kota di Indonesia yang menggelar vaksinasi tahap pertama.

Baca Juga: Sengit! Hendra/Ahsan Taklukkan Wakil Rusia di Partai Pertama Grup B

Ekspedisi Mudik 2024

“Data tadi malam [Selasa, 26 Januari 2021], status vaksinasi di Kota Solo itu sudah mencapai 9.223 orang. Sementara jumlah sasaran nakes yang divaksin sekitar 10.726 orang,” ujar Yuliyanto saat menggelar jumpa pers secara daring, Rabu (27/1/2021).

Yulianto mengatakan meski status vaksinasi mencapai 9.223 orang, namun hingga kini baru sekitar 7.906 nakes di Solo yang sudah mendapatkan vaksin Covid-19 jenis Sinovac. Sementara sisanya merupakan nakes yang batal maupun ditunda vaksinasinya.

Brebes Rendah

Sementara itu, jika Solo menjadi yang tertinggi lain halnya dengan Kabupaten Brebes. Pelaksanaan vaksinasi di Kabupaten Brebes menjadi yang terendah di Jateng. Bahkan, sejak Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jateng menerapkan pencanangan vaksinasi bagi 32 kabupaten/kota di Jateng, termasuk Brebes, Senin (25/1/2021), baru sekitar 20 nakes yang disuntik vaksin.

Padahal, jumlah sasaran nakes di Brebes yang mendapat vaksinasi mencapai 5.591 orang. Pun demikian, dengan vaksin sekitar 11.240 dosis atau vial yang diperuntukkan bagi nakes maupun pejabat publik di Brebes sudah diberikan sejak Minggu (24/1/2021).

“Saya enggak tahu, kenapa kok Brebes bisa sangat rendah. Sampai hari ini tingkat vaksinasi di Brebes masih 0,13%. Bahkan informasi yang saya terima, Brebes itu baru mulai pencanangan vaksinasi hari ini. Padahal, sesuai surat yang dikirim Sekda Jateng ke bupati/wali kota di 32 kabupaten/kota, pencanganan vaksinasi dimulai sejak Senin kemarin,” keluh Yulianto.

Yulianto pun meminta Pemkab Brebes, terutama Dinas Kesehatan untuk menjalankan amanat dari pemerintah pusat maupun Pemprov Jateng dalam percepatan vaksinasi. Hal itu dilakukan sebagai upaya penanganan kasus penularan virus corona atau Covid-19 di wilayah tersebut.

“Saya mintalah Kabupaten Brebes segera menyesuaikan seperti kabupaten/kota yang lain. Ini demi percepatan vaksinasi,” tegas Yulianto.

Baca Juga: Kejar-Kejaran, 2 Pencuri Laptop Digebuki Massa di Ceper Klaten

Yulianto menyebutkan hingga saat ini sudah ada sekitar 86.570 nakes dari total 166.014 nakes di Jateng yang telah mendapatkan vaksin virus corona. Sementara itu dari tingkat vaksinasi, Solo menempati urutan pertama dengan persentasi 74,53%. Disusul Batang dengan 65,86%, Cilacap 65,6%, Kota Semarang 63,34%, dan Kota Magelang 63,07%.

Sedangkan urutan terbawah ditempati, Kabupaten Brebes dengan 0,13%. Lalu, Kota Pekalongan 19,2%, dan Kota Tegal 33,29%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya