Vaksinasi Covid-19 Boyolali Mulai Sasar Kalangan Umum dan Remaja, DKK Ubah Strategi
Solopos.com|soloraya

Vaksinasi Covid-19 Boyolali Mulai Sasar Kalangan Umum dan Remaja, DKK Ubah Strategi

Dinas Kesehatan Kabupaten Boyolali mengubah strategi untuk mempercepat vaksinasi Covid-19 yang mulai merambah kalangan umum dan remaja.

Solopos.com, BOYOLALI — Vaksinasi Covid-19 Kabupaten Boyolali kini mulai mengoptimalkan pada sasaran kalangan umum dan remaja. Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Boyolali pun mempersiapkan strategi baru untuk program tersebut.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Boyolali, Ratri S Survivalina, mengatakan vaksinasi Boyolali akan terus dilakukan sesuai ketersediaan vaksin.

Jika sebelumnya vaksinasi lebih banyak menyasar kalangan lansia (lanjut usia), kini mulai merambah ke masyarakat umum dan remaja.

Baca Juga: Tren Kasus Corona Aktif di Boyolali Menurun Berkat PPKM Darurat

Ia mengaku tengah menyiapkan strategi baru dalam mencapai sasaran vaksinasi Covid-19 kalangan umum dan remaja Boyolali.

“Kami akan mengubah strategi vaksinasi. Kalau dulu ada by 1 get 2, satu nonlansia membawa dua lansia. Sekarang akan kami geser menjadi program 3 in 1. Jadi nantinya tiga nonlansia cukup membawa satu lansia untuk mendapatkan vaksin,” jelasnya.

Ratri menjelaskan saat ini DKK masih menyelesaikan vaksinasi dosis kedua sasaran warga lansia. Ia menyebutkan warga lansia yang sudah divaksin kurang lebih ada 20%.

Baca Juga: Sapi Limosin, Si Primadona Hari Raya Kurban Sumbangan Presiden dari Boyolali

Berdasarkan data per Senin (19/7/2021), vaksinasi untuk sasaran tenaga kesehatan (nakes) dosis pertama telah menyasar 4.296 orang dan dosis kedua 4.101 orang.

Dilakukan Secara Bertahap

Pada kelompok lansia, dosis pertama telah menyasar 22.792 orang dan dosis kedua 13.167 orang. Kelompok petugas publik yang sudah mendapat suntkan dosis pertama sebanyak 49.234 orang.

Sedangkan dosis kedua sebanyak 29.807 sasaran. Lalu kelompok masyarakat rentan dan umum, vaksinasi Covid-19 Boyolali telah menyasar 17.105 orang untuk dosis pertama dan 5.458 orang untuk dosisi kedua.

Baca Juga: Jadi RS Darurat Covid-19 Paripurna, Asrama Haji Donohudan Boyolali Dilengkapi Lab PCR

Sedangkan kelompok remaja baru menyasar 11 orang pada dosis pertama. Menurut Ratri, pelaksanaan vaksinasi terhadap kelompok remaja akan dilakukan secara bertahap.

“Dalam waktu dekat akan kami laksanakan di SMP Negeri 1 Boyolali, untuk sasaran di bawah 18 tahun,” lanjutnya.

Baca Juga: Penyekatan di Gerbang Tol Boyolali, Puluhan Kendaraan Dipaksa Putar Balik

Selain dari pemerintah daerah, vaksinasi juga dilakukan dengan dukungan dari TNI dan Polri. Di Boyolali telah beberapa kali digelar vaksinasi yang difasilitasi TNI dan Polri.

Kapolres Boyolali, AKBP Morry Ermond, mengatakan TNI dan Polri akan membantu pemerintah dalam penyelenggaraan vaksinasi Covid-19 secara berkelanjutan.



Berita Terkait
Indeks Berita
Promo & Events
Terpopuler
Berita Terkini
Indeks
Berita Video
View All

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago