Vaksinasi Covid-19 Baru 45%, Danrem Tetap Yakin Herd Immunity Wonogiri Bisa Terbentuk Oktober

Danrem Warastratama optimistis capaian vaksinasi Covid-19 Wonogiri bisa digenjot hingga 70% pada Oktober 2021 sehingga herd immunity terbentuk.
Vaksinasi Covid-19 Baru 45%, Danrem Tetap Yakin Herd Immunity Wonogiri Bisa Terbentuk Oktober
SOLOPOS.COM - Danrem 074/Warastratama Solo, Kolonel Inf Rudy Saladin, saat meninjau vaksinasi di Pendapat Rumah Dinas Bupati Wonogiri, Selasa (21/9/2021). (Solopos/M Aris Munandar)

Solopos.com, WONOGIRI — Danrem 074/Warastratama Surakarta, Kolonel Inf Rudy Saladin, optimistis capaian vaksinasi Covid-19 Wonogiri bisa menyentuh 70 persen alias terbentuk herd immunity pada Oktober mendatang.

Sistem vaksinasi di Wonogiri dinilai sudah berjalan baik dan menunjukkan sinergitas dari berbagai unsur. Hal itu disampaikan Rudy Saladin saat meninjau percepatan vaksinasi di Pendapa Rumah Dinas Bupati Wonogiri, Selasa (21/9/2021).

“Saya sangat terkesan berkunjung ke sini. Saya melihat unsur pemda, polres, dan kodim sangat sinergis. Permasalahan yang saat ini kita hadapi adalah Covid-19,” katanya di sela-sela peninjauan vaksinasi.

Baca Juga: PTM SMP dan SMA Sederajat di Wonogiri Mungkin Digelar Bareng

Ia mengapresiasi pola atau sistem vaksinasi Covid-19 yang dilakukan di Wonogiri. Vaksinasi digelar serentak di 25 kecamatan setiap hari. Berdasarkan pantauannya, antusiasme masyarakat untuk divaksin di Wonogiri cukup tinggi.

“Vaksin digenjot ramai-ramai, dikeroyok ramai-ramai di 25 titik melibatkan Kodim dan Polres. Saya lihat nakes dan faskes sudah siap, tidak ada kendala. Misal dalam waktu dekat punya target 50 persen warga sudah divaksin bisa tercapai,” ungkapnya.

Dengan sistem atau pola seperti itu, Rudy Saladin optimistis pada Oktober nanti vaksinasi Covid-19 di Wonogiri sudah mencapai 70 persen. Angka itu berarti herd immunity di Wonogiri bisa tercapai.

Baca Juga: Puluhan Kebakaran Terjadi di Wonogiri Tahun Ini, Mayoritas Penyebabnya Karena Ini

“Kami siap mendukung program yang dirumuskan Bupati Wonogiri. Semua terpimpin satu pintu, vaksinasi dikeroyok ramai-ramai. Sinergitas di sini bukan hanya jargon, tapi pelaksanaan di lapangan semua terlibat betul,” katanya.

60 Personel Dokter

Lebih jauh, Rudy Saladin menjelaskan Korem 074/Warastratama Surakarta mendapatkan 60 personel untuk membantu vaksinasi di wilayah Soloraya. Puluhan personel itu merupakan siswa Sekolah Perwira Prajurit Karier (Sepa PK) Tentara Nasional.

“Kualifikasi mereka dokter. Kami bagi menjadi enam kelompok. Setiap daerah sepuluh orang. Mereka siap membantu percepatan vaksinasi di Soloraya,” kata Rudy Saladin.

Baca Juga: Waduh… 40% Peserta Tes SKD Wonogiri di LPPKS Karanganyar Tak Penuhi Passing Grade

Bupati Wonogiri, Joko Sutopo, mengatakan vaksinasi Covid-19 merupakan wujud konkret sinergitas Pemda, Polri dan TNI. Danrem 074/Warastratama berkenan menyurvei, meninjau, dan mengawasi agar vaksinasi bisa berjalan baik.

“Alhamdulillah pengamatan beliau kami diapresiasi. Vaksinasi di 25 titik ini sebagai upaya konstruktif agar herd immunity terbentuk. Target arahan beliau pertengahan Oktober sudah 70 persen [warga yang sudah divaksin],” kata Joko Sutopo.

Berdasarkan website resmi Pemkab Wonogiri, hingga Senin (20/9/2021) pukul 21.00 WIB, cakupan vaksinasi di Wonogiri mencapai 45,11%. Dari 855.663 sasaran di Wonogiri, sebanyak 385.985 sudah divaksin dosis pertama.

Berita Terkait
    Promo & Events
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago