SOLOPOS.COM - Bupati Wonogiri, Joko Sutopo (kiri), meninjau pelaksanaan vaksinasi dosis ketiga atau booster bagi orang lansia di pendapa rumah dinasnya kompleks Setda Wonogiri, Jumat (14/1/2022). (Solopos.com/Rudi Hartono)

Solopos.com, WONOGIRI—Vaksinasi dosis ketiga atau booster di Kabupaten Wonogiri tak hanya menyasar orang lanjut usia (lansia), tetapi juga petugas pelayanan publik.

Petugas pelayanan publik yang divaksinasi booster, seperti polisi, TNI, perangkat desa, dan pegawai instansi pemerintah. Ada beberapa jenis vaksin yang digunakan, seperti AstraZeneca, Sinovac, Pfizer, dan Moderna.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Informasi yang dihimpun Solopos.com, Kamis (20/1/2022), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wonogiri memulai vaksinasi booster, Jumat (14/1/2022) lalu. Vaksinasi sebagai tanda dimulainya kegiatan atau kick off digelar di Pendapa Rumah Dinas Bupati kompleks Sekretariat Daerah (Setda) dengan sasaran 1.500 orang orang lansia dari Kecamatan Wonogiri. Total sasaran orang lansia se-kabupaten sebanyak 208.000 orang.

Baca Juga: Vaksinasi Booster Wonogiri Pakai AstraZeneca, 208.000 Lansia Disasar

Kemudian vaksinasi booster menyasar petugas pelayanan publik mulai Rabu (19/1/2022). Saat itu vaksinasi menyasar 1.072 orang yang terdiri atas personel Kodim 0728/Wonogiri, Polres Wonogiri, pegawai Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), pegawai organisasi perangkat daerah (OPD), dan Lembaga Pemasyarakatan (LP) Wonogiri.

Berdasar data cakupan vaksinasi di Kabupaten Wonogiri yang dipublikasi website resmi Pemkab, wonogirikab.go.id, sasaran petugas pelayanan publik pada vaksinasi dosis pertama dan kedua sebelumnya sebanyak 61.908 orang.

Setelah dua kegiatan itu, vaksinasi booster digelar di sejumlah kecamatan. Namun, belum semua kecamatan menggelar kegiatan yang sama lantaran belum menerima instruksi untuk melaksanakannya. Bupati, Joko Sutopo, sebelumnya mengatakan, vaksinasi booster di Kabupaten Wonogiri menggunakan strategi yang sama seperti saat vaksinasi dosis pertama dan kedua, yakni berbasis kecamatan.

Baca Juga: PTM 100 Persen Digelar di Wonogiri setelah Vaksinasi Anak Selesai

Pelaksana Tugas (Plt) Camat Ngadirojo, Sumarjono Fajari, Kamis, menyampaikan vaksinasi booster di Kecamatan Ngadirojo dimulai Kamis itu dengan sasaran orang lansia dan petugas pelayanan publik. Kegiatan digelar di Puskesmas Ngadirojo. Sasaran orang lansia sebanyak 367 orang yang merupakan warga Desa Kerjo Kidul, Ngadirojo Lor, dan Jatimarto.

Sementara, petugas pelayanan publik yang divaksinasi booster sebanyak 100 orang. Mereka merupakan pegawai Pemerintah Kecamatan Ngadirojo, perangkat Desa Kerjo Kidul, perangkat Desa Gemawang, perangkat Desa Ngadirojo Lor, dan perangkat Desa Gedong.

“Ada tiga jenis vaksin yang digunakan untuk booster, yakni Moderna, Pfizer, dan Sinovac. Vaksinasi akan dilaksanakan sampai Sabtu mendatang. Sasaran orang lansia lebih kurang 800 orang dan petugas pelayanan publik 200 orang,” kata Sumarjono yang juga Sekretaris Kecamatan Ngadirojo itu.

Baca Juga: Cara Mendapatkan Vaksin Booster, yang Mulai Diberikan Hari Ini

Terpisah, Camat Giritontro, Fredy Sasono, menginformasikan vaksinasi booster di Kecamatan Giritontro dimulai Senin (17/1/2022) dengan sasaran orang lansia. Sasaran yang telah divaksinasi booster sebanyak 100 orang. “Vaksin booster [di Kecamatan Giritontro] pakai AstraZeneca,” ujar Fredy.

Sementara itu, Camat Pracimantoro, Warsito dan Camat Baturetno, Eko Nur Haryono, mengatakan vaksinasi booster di wilayah kerja mereka belum dilaksanakan.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Wonogiri, Setyarini, hingga berita ini ditulis belum dapat dimintai konfirmasi. Saat dihubungi dia sedang mengikuti kegiatan, sehingga belum dapat memberi pernyataan mengenai vaksinasi booster.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya