SOLOPOS.COM - Ilustrasi vaksin Covid-19. (Freepik)

Solopos.com, BOYOLALI — Vaksinasi Covid-19 dosis kedua untuk anak usia 6-11 tahun di Kabupaten Boyolali, dimulai hari ini, Senin (17/1/2022). Program pemberian vaksin dosis kedua tersebut menyasar 5.360 anak yang tersebar di delapan kecamatan di Boyolali.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Boyolali Puji Astuti di Boyolali, Senin, menjelaskan ada 5.360 sasaran yang divaksinasi dosisi kedua dan mereka tersebar di 56 titik yang tersebar di delapan kecamatan di Kabupaten Boyolali.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Kegiatan vaksinasi anak ini ada yang digelar di sekolah masing-masing dan ada yang di balai desa. Namun, vaksinasi anak mayoritas digelar di sekolah masing-masing,” kata Puji Astuti.

Baca juga: Kearifan Lokal Boyolali, Kerajinan Logam Cepogo Kian Mendunia

Dia menguraikan kegiatan vaksinasi anak di 56 titik tersebut tersebar di Kecamatan Gladagsari dua titik, Mojosongo 10 titik, Simo 14 titik, Klego 16 titik, Boyolali lima titik, Musuk empat titik, Juwangi dua titik, dan Banyudono tiga titik.

Menurut Puji Astuti, kegiatan vaksinasi anak dosis pertama masih terus berlanjut dengan cara menyisir ke desa-desa atau sekolah. Dia menerangkan vaksinasi anak usia 6-11 tahun dosis pertama di Boyolali hingga Senin ini sudah mencapai 94.514 sasaran atau sekitar 98,7 persen dari target 95.713 sasaran.

“Anak yang belum divaksin sebanyak 1.199 sasaran atau sekitar 1,25 persen dari total target dan akan segera diselesaikan dengan cara menyisir sekolah agar segera terbentuk kekebalan komunal (herd immunity) untuk mendukung pembelajaran tatap muka (PTM) yang sudah 100 persen dilaksanakan,” jelasnya.

Baca juga: Nunggak Semi Boyolali-Sukoharjo Angon Rasa ke Magelang, Ini Tujuannya

Puji menegaskan pihaknya terus menyisir hingga pelosok pedesaan untuk menjaring anak yang belum divaksinasi. Dia berharap vaksinasi dosis pertama dapat diselesaikan 100 persen pada Rabu (19/1/2022).

Kasus Terus Melandai

Lebih lanjut dia menerangkan cakupan vaksinasi dosis pertama di Kabupaten Boyolali berdasarkan kartu tanda penduduk (KTP) sudah mencapai 826.541 sasaran atau sekitar 98,90 persen dari 835.772 sasaran, sedangkan dosis kedua sebanyak 671.215 sasaran atau 80,31 persen.

Sementara cakupan vaksinasi kelompok lansia dosis pertama di Boyolali mencapai 91.925 sasaran atau 77,46 persen dari target sebanyak 118.670 sasaran dan dosis kedua sebanyak 73.894 sasaran atau 62,27 persen.

Baca juga: Kearifan Lokal Boyolali, Kerajinan Logam Cepogo Kian Mendunia

Sementara itu, kasus Covid-19 di Boyolali hingga Senin ini tidak ada tambahan kasus baru dan terus melandai. Jumlah kasus aktif Covid-19 di Boyolali masih ada tiga pasien, dua dirawat di rumah sakit dan satu lainnya menjalani isolasi mandiri.

“Boyolali masuk zona risiko rendah dengan skor IKM Covid-19 pada 2,51 dan masuk kriteria PPKM level 1,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya