SOLOPOS.COM - Ilustrasi stok vaksin Covid-19. (Dok. Bisnis)

Solopos.com, KARANGANYAR — Vaksinasi dosis ketiga atau booster untuk tenaga kesehatan atau nakes di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, dilaksanakan Agustus ini. Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Karanganyar sudah menerima vaksin Covid-19 jenis Moderna untuk melaksanakan program tersebut.

Kepala Dinkes Karanganyar, Purwati, menyampaikan Kabupaten Karanganyar mendapatkan 200 vial atau botol vaksin Covid-19 Moderna untuk booster nakes.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Yang sudah [kami terima] itu 200 vial. Dari pemerintah pusat, Kementerian Kesehatan. Untuk Moderna. Itu satu vial bisa 13 dosis sampai 14 dosis. Jadi ya untuk 2.800 dosis,” kata Purwati saat dihubungi Solopos.com, Kamis (12/8/2021).

Baca juga: Karanganyar Terima 30.000 Dosis Vaksin AstraZeneca

Perempuan berkerudung itu menyampaikan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 dosis ketiga khusus untuk nakes dilaksanakan Agustus. Sayangnya, dia belum menjelaskan detail tanggal pelaksanaan.

Di sisi lain, dia menyampaikan lokasi vaksinasi nakes sama dengan vaksinasi Covid-19 dua dosis sebelumnya.

“Jadwal penyuntikan [dosis ketiga] sama dengan tempat sebelumnya. Pas kemarin itu nakes menerima vaksinasi Covid-19 dosis pertama dan kedua dimana. Ya di situ,” ujarnya.

Baca juga: Masyarakat Karanganyar Banyak Gelar Vaksinasi Covid-19, Juliyatmono: Ini Keren

Solopos.com melontarkan pertanyaan perihal jenis vaksin Covid-19 yang digunakan untuk booster berbeda dengan vaksin yang diberikan pada dosis pertama dan kedua. Seperti diketahui, masyarakat termasuk di dalamnya nakes mendapatkan vaksin Covid-19 jenis Sinovac pada dosis pertama dan kedua.

“Tidak apa-apa [berbeda]. Kan jeda waktu vaksinasi kedua dengan ketiga ini sudah tiga bulan,” katanya.

Bekerja dengan Lebih Tenang

Vaksin jenis Moderna ini hanya akan disuntikkan kepada nakes sebagai booster. Pemerintah menaruh harapan besar terkait program booster terhadap nakes ini. Pemerintah berharap bisa melindungi nakes sehingga mereka bisa bekerja dengan lebih tenang di masa pandemi Covid-19.

Booster Moderna ini hanya khusus untuk nakes saja. Masyarakat umum tidak. Bagaimanapun nakes yang melayani dan bersentuhan langsung dengan pasien Covid-19,” ungkap dia.

Baca Juga: PDM Karanganyar Salurkan 5.000 Dosis Vaksin Covid-19, Pendaftaran Online 5 Menit Full

Solopos.com mengecek data vaksinasi Covid-19 terhadap nakes di akun resmi Instagram Dinkes Kabupaten Karanganyar pada @dinkeskaranganyar. Sebanyak 3.877 orang nakes mendapatkan vaksin dosis satu Sinovac. Pada dosis kedua Sinovac sebanyak 3.693 orang nakes. Dari data itu, bisa diasumsikan 3.693 orang nakes akan mendapatkan vaksinasi Covid-19 booster menggunakan Moderna.

Bupati Karanganyar, Juliyatmono, mendukung program booster terhadap nakes di masa pandemi Covid-19. Bagaimapun juga, menurut dia, nakes menjadi garda depan penanganan kesehatan masyarakat.

“Itu untuk menjaga kekebalan ekstra bagi nakes supaya betul-betul percaya diri, mantep karena tugas mereka luar biasa. Dan nakes yang terkonfirmasi positif itu banyak dan tingkat persentase cukup tinggi,” ujar Bupati.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya